UTBK-SBMPTN 2020, Jumat (14/8). Foto- Ist.

PROFESI-UNM.COM – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK serta kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN pada tahun 2020 diundur dan akan dilaksanakan pada bulan Juli nanti, Selasa (28/4).

Pengunduran tersebut dilakukan terkait dengan pencegahan penyebaran COVID-19 yang sesuai dengan Surat Edaran No. 11/SE.LTMPT/2020 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020.
Berdasarkan surat edaran tersebut, pendaftaran SBMPTN dibuka pada tanggal 2 – 20 Juni 2020, kemudian pelaksanaan SBMPTN-UTBK pada 5-12 Juli 2020, sedangkan untuk hasilnya akan diumumkan pada tanggal 25 Juli 2020.

Dilansir dari website CNN Indonesia, Ketua LTMPT, Mohammad Nasih menjelaskan akan ada sejumlah penyesuaian lain pada pelaksanaan SBMPTN 2020 ini. “Akan ada penambahan jumlah sesi dan pengurangan materi yang diujikan juga ditetapkan. Sesi UTBK yang tadinya dibagi dua, kini dibagi empat sesi per hari,” jelasnya.

Artinya waktu yang diberikan akan lebih cepat dari tahun lalu dan jumlah peserta setiap sesi bisa jadi lebih sedikit.

Nasih juga mengatakan bahwa jadwal yang ditetapkan pun masih tentatif. “Perubahan jadwal bisa kembali terjadi jika perkembangan wabah di Indonesia pada tanggal tersebut tak kunjung membaik,” ucapnya.(*)

*Reporter : Annisa Maharani Masrurah/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0