Ilustrasi saat mengetik di laptop. Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Salah ketik atau typo merupakan hal yang sering kita temui dibeberapa kalimat yang ditulis orang lain dan bahkan kita juga sering mengalami masalah serupa. Misalnya pada saat mengerjakan tugas di Microsoft Word, Rabu (1/4).

Tanpa kita sadari banyak terdapat kalimat yang typo, karena malas ngecek ulang ditambah deadline untuk mengumpulkan tugas tersebut sudah dekat, jadi kita tidak memeriksa ulang lagi apa yang sudah diketik dan langsung mengirimnya.

Setelah dikirim terus ngecek baru sadar ternyata banyak kalimat yang typo, tapi tenang saja, kami memiliki tips untuk mengatasi hal tersebut. Berikut beberapa tips untuk meminimalisir typo saat mengetik:

  1. Periksa Ulang Dulu Tulisan Kata Demi Kata

Setelah selesai sempatkan untuk memeriksa ulang kembali tulisan yang telah dibuat kata demi kata, saat melakukan pemeriksaan pada tulisan tersebut hindari metode membaca cepat (skimming) karena ini bisa membuat kita melewati kalimat typo yang ada.

2. Menggunakan situs pendeteksi Typo

Sekarang banyak situs atau website yang menyuguhkan pendeteksi Typo yang bisa kamu manfaatkan. Untuk tulisan dalam Bahasa Indonesia kamu bisa menggunakan typoonline.com dan untuk tulisan berbahasa Inggris kamu bisa menggunakan gingersoftware.com, languagetool.org, dan app.grammarly.

3. Menggunakan Jasa Proofreading

Proofreading umumnya dilakukan oleh orang lain selain penulis. Kamu bisa meminta bantuan teman yang memiliki ketelitian tinggi untuk mengoreksi tulisan mu. Semakin banyak orang yang melakukan proofreading terhadap tulisanmu, maka kesalahan typo dapat semakin diminimalkan.

4. Hindari Penggunaan Autocorrect

Fitur autocorrect yang terdapat pada microsoft word didesain untuk memperbaiki typo. Akan tetapi, fitur ini justru bisa mengacaukan tulisanmu hal ini sering terjadi apabila kamu menggunakan autocorrect yang berbeda dengan bahasa yang kamu pakai.

5. Menggunakan Fitur “Find and Replace”

Fitur ini dapat membantu kamu dalam meminimalisir typo pada tulisan yang dibuat, cukup dengan Mengetikkan kesalahan kata-kata tersebut, apabila kesalahan tersebut sudah terdeteksi kamu tinggal menyunting langsung dengan mudah dan cepat.

6. Istirahat yang Cukup Agar Fokus saat Menulis

Terdengar klise, tapi kamu butuh istirahat yang cukup sebelum memulai untuk mengetik, pastikan kamu ada pada keadaan yang segar dan tidak mengantuk luangkan waktu jeda yang cukup untuk istirahat dengan begitu kamu bisa lebih fokus dan bisa menghindari typo.

Itulah tadi beberapa tips untuk meminimalisir dan terhindar dari kasus salah ketik atau typo pada saat mengetik di Microsoft Word.(*)

Sumber: anakteknikindo

*Reporter: Ema Humaera/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0