Ilustrasi membaca buku. Foto: Int.

PROFESI-UNM.COM – Bosan tinggal di rumah saja selama masa karantina akibat pandemi Covid-19, tenang saja kamu bisa melakukan hal-hal positif yang bisa menambah pengetahuan, wawasan, dan kosa kata kamu yaitu dengan membaca beberapa buku yang sangat rekomended untuk mengisi waktu luang.

Aktivitas positif ini sangat bermanfaat loh buat kalian dari pada hanya rebahan, buka tutup sosmed, nungguin notifikasi dari doi, keluar masuk kamar sampai bosan. Jadi tunggu apa lagi yuk simak rekomendasi buku yang bisa dijadikan bahan bacaan buat kamu.

  1. Generasi Langgas : Millennials Indonesia – Yoris Sebastian

Buku ini sangat rekomended buat penentu apakah Indonesia akan mendapatkan bonus demografi di tahun 2020 atau malah sebaliknya.

Buku generasi langgas memaparkan beberapa karakter kaum Millennials diantaranya Collective, Customization, Community, Close to Family.

Buku ini memberikan pandangan yang berbeda bahwa generasi millennials dapat menjadi generasi terbaik yang pernah ada di Indonesia, apabila generasi tersebut mau mengambil inspirasi positif.

2. Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa – Alvi Syahrin

Buku ini menceritakan tentang kekhawatiran akan masa depan, mencemaskan akan segala sesuatu yang akan terjadi kedapanya dan takut untuk melangkah.

Buat kalian yang masih mengalami hal tersebut tenang saja, kau tidak sedang diburu waktu. Buku ini sangat cocok untuk dibaca agar menyadarkan teman-teman bahwa hidup adalah tentang sebaik-baiknya berusaha, jatuh lalu bangun lagi, dan jangan berhenti yakinlah bahwa segala perjuanganmu tidak akan sia-sia. Bukankah sebaiknya apa-apa yang fana tidak selayaknya membuatmu kecewa?

3. Pulang – Leila S. Chudori

Buku ini bercerita tentang Dimas yang jadi eksil politik di Paris dan tidak bisa pulang ke Indonesia karena terlibat kejadian G30S/PKI hingga akhirnya tinggal dan hidup di Paris bersama 3 kawan lainnya, Mas Nug, Tjai dan Risjaf.

Bagi kalian yang ingin mengetahui suasana patriotik Indonesia, buku ini sangat rekomended untuk dibaca karena berlatar belakang tiga peristiwa bersejarah : Indonesia 30 September 1965, Prancis Mei 1968, dan Indonesia Mei 1998.

4. The Power Of Habit – Charles Duhigg

Buku ini bercerita tentang self-control dimana para pembaca dapat merubah pola pikirnya dalam menyikapi segala sesuatu. Buku The Power Of Habit menjabarkan kebiasaan atau sikap seseorang berdasar pada sebuah kejadian yang terkait dalam diri orang tersebut.

Buku ini cocok buat kalian yang ingin mengetahui mengapa kebiasaan ada, apa unsur-unsurnya, dan bagaimana cara kita dapat mengubah kebiasaan pribadi, organisasi, maupun komunitas.

5. Catatan Pendek Untuk Cinta Yang Panjang – Boy Candra

Novel ini menceritakan kisah penulis yang kebingungan untuk mengungkapkan isi hatinya kepada seorang wanita yang telah memiliki kekasih. Dan setalah wanita tersebut berpisah dengan kekasihnya penulis pun melakukan pendekatan dan akhirnya menjadi sepasang kekasih, karena timbulnya kebosanan dihubungan meraka akhirnya kisah cinta mereka berakhir.

Novel ini sangat rekomended buat kaum adam yang dilema antara tetap memendam atau menyatakan perasaannya kepada wanita yang dicintai. Dibuku tersebut, penulis juga akan berbagi pengalaman beserta pandangan-pandangannya terkait dengan rasa sakit hatinya.

Nah itulah tadi beberapa list buku yang direkomendasikan buat kalian yang sedang bosan dimasa karantina, tetap semangat jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit. (*)

*Reporter : Ema Humaera

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0