Latihan presenter TV DJMTD 2019. Foto-Dok.lLPM Profesi UNM.

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali akan menggelar Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar ( DJMTD), acara ini merupakan kegiatan kaderisasi yang wajib diikuti sebelum bergabung menjadi anggota LPM Profesi UNM, Minggu (29/3).

Presenter TV adalah sebuah bidang jurnalis yang cukup diminati. Karena selain keren juga merupakan sebuah wadah untuk kamu yang ingin menjadi terkenal di bidang jurnalis. Ya contohnya saja Najwa Shihab yang memulai karirnya di bidang ini.

Tapi tau nggak sih beberapa hal yang perlu untuk kamu kuasai sebagai ilmu dasar kamu menjadi presenter, berikut modal dasar yang penting kamu miliki untuk menjadi presenter :

  1. Pengetahuan yang luas

Seorang presenter adalah seseorang yang berpengetahuan luas, atau setidaknya menguasai apa yang akan dia sampaikan. Karena pada dasarnya tugas seorang presenter adalah menyampaikan informasi kepada khalayak umum.

2. Kemampuan jurnalis yang tinggi

Menguasai kode etik kejirnalistikan adalah kunci utama yang harus dipegang oleh seorang presenter. Tidak hanya itu seorang presenter harus mampu memahami nilai dan unsur berita yang dibawanya, karena hal ini untuk menjaga integritas dan kredibilitas presenter. Tentunya untuk menunjang hal ini seorang presenter harus memiliki kemampuan bicara dan membaca yang baik.

3. Berpenampilan menarik dan bersuara merdu

Seorang presenter harus bisa berpenampilan menarik untuk membangkitkan perhatian, hal ini sangat penting karena presenter adalah orang yang paling sering nampak dilayar kaca.

Memiliki suara yang merdu dan enak untuk didengar juga merupakan hal yang tidak bisa dilakukan karena suara yang menarik akan membuat pendengar tertarik untuk mendengarkan suara mu saat membawakan acara.

4. Sehat dan baik

Menjadi seorang presenter harus bekerja selama 24 jam. Maka dari itu, penting untuk seorang presenter menjaga kesehatannya seperti dengan cara berolahraga dan semacamnya.

Tidak hanya sehat saja, tentu kepribadian yang baik juga penting, karena orang yang baik dilayar kaca jika menjengkelkan di lingkungan sosialnya akan menuai kontra dalam lingkungannya.(*)

Nah pengen rasakan serunya belajar jadi presenter TV, ayo segera daftarkan diri mu di http:/bit.ly/FormulirpendaftaranDJMTD2020 atau melalui narahubung:

082191551819(Ema),
088245613972 (Elfira),
085145351226 (Nisyam).

*Reporter: Kristiani Tandi Rani/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0