Ramli Umar, Calon Rektor UNM Periode 2020-2024. Foto: Ilham Akbar-Profesi.

PROFESI-UNM.COM – Ramli Umar merupakan salah satu dari ke tiga calon Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) yang telah ditetapkan dalam Rapat Senat penetapan Calon Rektor UNM yang berlangsung di lantai 14 Menara Pinisi UNM pada Selasa, 3 Maret lalu.

Melalui Rapat Senat, Ramli Umar ditetapkan sebagai calon Rektor UNM nomor urut dua. Mari kenali lebih jauh sosok beliau melalui uraian 6 Fakta Menarik Ramli Umar berikut ini.

 1. Eksis Berkarir di prodi Geografi 

Prof. Dr. Ramli Umar, M. Si konsisten menggeluti pendidikan S1 dan S2 di Prodi Geografi. Pria kelahiran Bulukumba ini pertama kali menyelesaikan S1 Prodi Pendidikan Geografi FPIPS di IKIP Ujung Pandang pada tahun 1988. Ia lalu melanjutkan pendidikan S2 prodi Geografi di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Kemudian, Ia berhasil meraih gelar S2  pada tahun 2000. Tak berhenti di situ saja, Ia melanjutkan ke tahap yang lebih tinggi lagi yakni S3 di Universitas Hasanuddin dengan prodi Penyuluhan Pembangunan, dan sukses meraih gelar Doktor pada tahun 2007.

 2. Memiliki Jiwa Organisatoris

Ramli Umar rupanya seorang organisatoris! hal ini terbukti dari riwayat karirnya dalam berorganisasi. Ketua Prodi Pendidikan Geografi Pascasarjana UNM ini rupanya adalah seorang pendiri dan pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sintalaras UNM sejak 1984 hingga sekarang. Pada tahun 2009, Ia juga  ditetapkan sebagai Wakil Ketua Ikatan Geografi Indonesia Sulawesi Selatan dan Barat  (IGI Sulselbar) hingga sekarang. Tidak hanya berkarir di IGI Sulselbar, Ia juga merupakan salah satu anggota di Ikatan Geografi Indonesia (IGI) sejak 2015  hingga sekarang. 

 3. Pernah Menjadi Dosen Teladan Universitas Negeri Makassar

Ramli Umar menorehkan cukup banyak prestasi selama berkarir salah satunya ia pernah dinobatkan Dosen Teladan Universitas Negeri Makassar pada tahun 2001 silam. Selain prestasi ini, Ia juga 3 kali dianugerahi piagam tanda kehormatan SATYALANCANA KARYA SATYA pada tahun 2005, 2007, dan 2011 yang diberikan berdasarkan keputusan Presiden  Republik Indonesia.

 4. Kerap Kali Menjadi Pemateri di Pertemuan Ilmiah Nasional dan Internasional

Ramli Umar tidak hanya aktif menjadi peserta di beberapa pertemuan ilmiah nasional. Mulai tahun 2007 silam, Ia  diundang sebagai pemateri pada Seminar Nasional dan Workshop Kurikulum dan Pembelajaranyang diselenggarakan oleh Kerjasama P3GI dan Jurusan Geografi FMIPA UNM. 

Masih di tahun yang sama beliau pun juga menjadi pemateri di Seminar Internasional “Menemukan Pendidikan Bermutu, To Fink of Quality Education, Makalah penyerta pada Seminar Internasional, Future Education: Prospect and Challenges” yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Makassar. 

Pada Tahun 2008, ia lagi-lagi sukses menjadi pemateri dalam Seminar Nasional “Strategi, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran” yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bulukumba.

 5.  Hobi Terlibat dalam Program Pengabdian Masyarakat

Pria yang lahir pada 24 April 1965 ini ternyata hobi terlibat aktif dalam program pengabdian masyarakat. Ia kerap kali menjadi ketua pelaksana pada kegiatan penyuluhan bertema seputar pendidikan dan usaha masyarakat.

Salah satunya yakni pernah menjadi ketua penyuluhan tentang penanggulangan kemiskinan melalui penyuluhan usaha mandiri bagi remaja putus sekolah di Kelurahan Parangbanoa sebagai Keluaran tertinggal Kabupaten Gowa pada tahun 1998.

Selain itu, Ia juga aktif pada kegiatan LBM Guru Geografi SMAN 1 Palangga Kabupaten Gowa2016PNBP UNM yang diselenggarakan oleh PNBP UNM pada tahun 2016.

 6. Konsisten Berkarya Ilmiah

Tidak hanya aktif dalam bidang organisasi, Ramli Umar juga serius menggeluti bidang penelitian dan karya ilmiah. 

Mulai tahun 2009 silam, beliau sudah rutin melakukan penelitian setiap tahunnya, pada tahun 2016, Ia menjadi ketua pada kegiatan penelitian “Pengembangan Buku Referensi Pemetaan Tingkat Kekeringan di Wilayah Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan pada Mata Kuliah Geografi Fisik” yang dibiayai oleh dana PNBP Pasca Sarjana UNM.

Selain itu, Ramli Umar juga gemar menciptakan karya ilmiah berupa artikel jurnal penellitian, makalah, hingga buku sekalipun.

Pada Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Geografi Indonesia XI, tahun 2008 silam, beliau turut menyajikan karyanya yakni makalah dengan judul “Sebaran Spasiotenporal Kesesuaian Sistem Penyuluhan Pertanian dan Kebutuhan Petani”.

Di tahun yang sama, Ia juga pernah menerbitkan buku “Eksistensi dan Kajian Geografi” yang diterbitkan oleh Badan Penerbit UNM.

Itu dia 6 Fakta Menarik dari Prof. Dr. Ramli Umar, M. Si, Salah satu Balon Rektor UNM Periode 2020-2024. Jangan lupa pantau terus berita terbaru seputar Pemilihan Rektor UNM Periode 2020-2024 melalui laman resmi dan media sosial Profesi UNM.(*)

*Reporter: Khuznul Khotimah/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0