Rektor UNM saat pelepasan Mahasiswa KKN. Foto: Dok. Profesi.

PROFESI-UNM.COM – Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor No. 800/UN36/TU/2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap pencegahan Corona Virus Disease-19 (Covid-19) Mahasiswa KKN Semester Genap Tahun Akademik 2019-2020 Universitas Negeri Makassar (UNM), Mahasiswa KKN tetap menjalankan Program Kerja (Proker) dan tetap berada di lokasi KKN (Kelurahan/desa), Kamis (19/3).

Untuk menyikapi dan mencegah peningkatan dan pencegahan wabah Corona, Rektor UNM menerbitkan surat edaran. Salah satu pointnya adalah mahasiswa KKN dihimbau tidak meninggalkan lokasi (kelurahan/desa) dan tetap menjalankan program kerja.

Berikut himbauan yang tertera pada surat edaran terkait tetap berada di lokasi KKN dan tetap menjalankan proker.

  1. Mahasiswa KKN Reguler semester genap tahun akademik 2019-2020 agar tetap berada di lokasi KKN (Kelurahan/Desa) dalam menjalankan program kerja dengan mengurangi penyelenggaraan pertemuan yang memungkinkan terjadinya kerumunan orang untuk mencegah penyebaran Covid-19.
  2. Mahasiswa KKN PPL Terpadu semester genap tahun akademik 2019-2020 melakukan kordinasi dengan Dinas Pendidikan/Cabang Dinas Pendidikan setempat, Kepala Sekolah, Guru Pamong dan DPL bahwa pelaksanaan KKN PPL Terpadu dilaksanakan sebagai berikut:
  • Jika hanya peserta didik yang diliburkan dengan proses pembelajaran dilakukan secara online/daring, namun Guru dan Tenaga Kependidikan tetap masuk sekolah, maka mahasiswa KKN PPL tetap melakukan aktivitas dan menjalankan program kerja pembelajaran online/daring dan non-akademik dilingkungan sekolah.
  • Jika hanya peserta didik yang diliburkan dengan cara belajar sendiri di rumah, namun guru dan tenaga kependidikan tetap masuk sekolah, maka mahasiswa KKN PPL tetap melakukan aktivitas dan menjalankan program non-akademik dilingkungan sekolah.

Ketua KKN, Amiruddin berharap mahasiswa KKN tetap tenang dan berkoordinasi dengan pihak Diknas dan sekolah. Jika sekolah diliburkan mahasiswa bisa melakukan pembelajaran online dan program non-akademik.

“Saya harap mahasiswa KKN tetap tenang dan kami akan terus memantau perkembangan mahasiswa KKN”, harapnya.(*)

*Reporter: Nur Fazila

Share and Enjoy !

0Shares
0 0