Dosen dan Mahasiswa PTP FT UNM yang membuat hand sanitizer dari herbal mangrove. Foto: Ist.

PROFESI-UNM.COM – Penyebaran virus Corona (Covid-19) semakin meresahkan masyarakat, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka masyarakat yang terpapar virus ini.

Salah satu upaya pemerintah yakni dengan mengimbau masyarakat agar sesering mungkin mencuci tangan untuk menjaga kebersihan dan terhindar dari paparan virus.

Namun, langkanya Hand Sanitizer dipasaran menjadi momok tersendiri di kalangan masyarakat yang berbondong-bondong ingin membeli sebagai upaya perlindungan diri.

Melihat fakta tersebut, Dosen dan mahasiwa Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) Fakultas Teknik (FT) Universyitas Negeri Makassar (UNM) membuat Hand Sanitizer dari ekstrak mangrove, Rabu (18/3).

Tim peneliti tersebut terdiri dari Andi Sukainah, selaku Ketua Program Studi, Ratnawati Fadillah, Reski Praja Putra, selaku Dosen Pangan dan beberapa mahasiswa PTP yaitu Monika Linda,  Putri Pratiwi,  Indah Permata Sari,  Elsa Fadillah,  dan Nurul Annisa.

Ketua Prodi PTP, Andi Sukainah menuturkan bahwa pihaknya merasa tergerak untuk membuat Hand Sanitizer ini karena mereka memiliki bahan yang cocok untuk dijadikan Hand Sanitizer yaitu herbal mangrove.

“Kebetulan di sini sudah satu tahun kita teliti kandungan herbal mangrove yang ampuh membunuh bakteri, dan kita lihat di lapangan Hand Sanitizer langkah, jadi kami sepakat untuk mebuatnya”, tuturnya.

Ia juga menunjukkan hasil perbandingan uji lab dari mikroba yang berasal dari tangan dan diberi alkohol serta mikroba yang berasal dari tangan dan diberi herbal mangrove sangat berbeda.

Terlihat bahwa penggunaan Hand Sanitizer dengan tambahan herbal mangrove jauh lebih efektif mencegah pertumbuhan mikroba.

Di sisi lain, Monika Linda yang merupakan mahasiswa yang ikut terlibat dalam penelitian dan pembuatan Hand Sanitizer herbal mangrove tersebut mengaku merasa senang karena Hand Sanitizer tersebut bisa berguna untuk kemanusiaan.

Monika Linda yang juga meneliti mengenai kandungan antimikroba mangrove sebagai bahan skripsinya mengatakan bahwa herbal mangrove memang sudah teruji ampuh menghambat mikroba.

“Kebetulan skripsi saya meneliti kandungan antimikroba mangrove dan teruji ampuh menghambat bakteri patogen dan dapat dikonsumsi, jadi komplit banget kalau ditambahkan dalam pembuatan hand sanitizer ini,” akunya.

Adapun penelitian herbal mangrove telah dilakukan setahun belakangan dan ternyata mangrove ampuh membunuh mikroba dan bakteri. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0