Ilustrasi aktivitas di rumah ketika waktu libur. Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Penyebaran virus Corona atau Covid-19 beberapa hari belakangan kian masif, setelah keluarnya perintah Presiden Jokowi untuk mengurangi aktivitas di ruang publik, akhirnya banyak kegiatan kampus yang ikut diliburkan dan perkuliahan diganti melalui sistem online, Rabu (18/3).

Setiap kampus bahkan beda-beda, ada yang memberlakukan libur selama dua minggu, bahkan ada yang lebih dari itu. Hanya saja dua minggu bukanlah waktu yang sebentar, meski libur, sebenarnya kamu masih bisa lakukan banyak hal positif dan bermanfaat selama waktu libur itu.

Termasuk 10 aktivitas ini yang tentunya sangat cocok buat tipe mahasiswa yang visioner dan disiplin waktu, sehingga tidak bakalan ada istilah wasting time.

Berikut ini, 10 aktivitas yang dapat kamu lakukan ketika libur:

1. Membaca Artikel Mengenai Cara Mencegah Virus Corona

Untuk mengisi libur mu, ada baiknya kamu membaca artikel di Internet mengenai Pencegahan Virus Corona. Hal ini bukan hanya menjadi acuan untuk kamu mencegah virus, tetapi hal ini bisa menambah wawasan untuk kamu.

2. Membersihkan Kamar

Kalau biasanya kamu jarang mengurus kamarmu karena sibuk perkuliahan, saatnya untuk kamu lebih memperhatikan kebersihan kamarmu. Hal yang bisa kamu lakukan dimulai dari merapikan berkas-berkas kuliah yang ada di rak bukumu.

Susun ulang mana yang masih bisa terpakai dan mana yang tidak bisa digunakan lagi, atau bisa juga membongkar lemarimu dan merapikan baju-baju mana saja yang masih layak dan tidak untuk kemudian dirapikan ulang.

3. Kerjakan Tugas Kuliah yang Menumpuk

Libur kuliah karena Corona bukan berarti pembelajaran sepenuhnya tidak ada, tapi kebanyakan kampus menerapkan perkuliahan online, itu artinya Dosen masih memberikan tugas.

Karena itu, waktu dua minggu ini tentunya wajib kamu alokasikan untuk fokus mengerjakan PR kuliah dengan lebih baik. Meskipun tidak beraktivitas di kampus, tetap utamakan untuk menyelesaikan setiap tugas perkuliahan yang kamu punya.

4. Membaca Buku

Aktivitas positif yang wajib mahasiswa lakukan selama libur kuliah salah satunya dengan membaca buku. Kalau biasanya kuliah pagi sampai sore membuatmu susah punya waktu untuk baca buku.

Cobalah manfaatkan momen ini untuk membaca buku-buku yang sudah lama sangat ingin kamu baca. Langkah awal ialah bikin list judul buku apa saja yang akan kamu baca. Semoga saja setelah ini kamu makin terbiasa buat baca buku.

5. Merangkum Materi Kuliah

Kalau masih punya banyak waktu luang, jangan lupa juga untuk perbanyak mendalami materi kuliah. Langkah yang bisa kamu lakukan salah satunya dengan membuat buku catatan khusus yang berisikan rangkuman materi kuliah yang kamu pelajari selama liburan ini. Ini bakal bermanfaat untuk kamu ketika nanti aktif ngampus lagi, sehingga tidak terlalu keteteran buat mengejar materi yang tertinggal.

6. Membuat Daftar Agenda

Setelah kembali aktif kuliah Karena banyak kegiatanmu yang akhirnya tertunda karena Corona, itu artinya kamu harus melunasi setiap utang kegiatan tersebut setelah aktivitas kembali normal.

Karena itulah ada baiknya selama liburan ini kamu fokus menyusun hal apa saja yang harus kamu lakukan usai liburan nanti. List mulai dari kegiatan yang harus didahulukan dan tidak bisa ditunda lagi, misalnya bimbingan dengan dosen.

7. Aktif Menulis di Blog

Untuk mengisi waktu senggang dua minggu ini, kamu juga bisa untuk mulai aktif menulis di blog. Tidak usah bingung, jenisnya bisa apa saja, misalnya kamu bisa ceritakan aktivitasmu selama libur perkuliahan, membuat resensi film atau sekedar tulisan opini.

8. Saatnya Istirahatkan Tubuhmu

Jangan lupa juga untuk memperhatikan tubuhmu, selama dua minggu ini bisa kamu manfaatkan untuk banyak beristirahat dan mengerjakan hal-hal yang menyenangkan.

Kalau dihitung-hitung ini bisa jadi cara untuk menebus utangmu yang sering kali mengesampingkan kebahagiaanmu demi kesibukan kuliah. Apalagi virus Covid-19 menyebar begitu masif, itu artinya kamu wajib menjaga kesehatan biar kebal dari virus, salah satu caranya dengan banyak beristirahat.

9. Mencari Info Beasiswa

Untuk membantu kamu meringankan biaya kuliah cobalah cari info beasiswa, biasanya akan banyak perusahaan yang membuka kesempatan pemberian beasiswa kepada mahasiswa dengan kriteria-kriteria tertentu. Tugas kamu adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya dan memenuhi semua persyaratan yang diajukan.

Kamu bisa mencarinya via internet, ataupun dengan follow media sosial perusahaan-perusahaan yang biasanya memberikan beasiswa supaya kamu selalu update. Kalau dana beasiswa bisa meringankan, bisa menjadi hal yang bermanfaat buat kamu.

10. Lakukan Hobi Lama atau Pelajari Skill Baru
Punya hobi lama saat zaman-zaman sekolah yang justru sudah jarang dilakukan karena padatnya aktivitas kuliah? Liburan ini saatnya lakukan hobi tersebut, kamu juga bisa menemukan skill-skill baru yang mungkin belum disadari, misalnya meningkatkan kemampuan desain dengan belajar Photoshop, atau mempelajari Microsoft Office lebih dalam lagi. Saat sudah lulus kuliah bisa sangat berguna untuk kamu.

Daripada libur kuliahmu selama dua minggu ini terbuang begitu saja dengan aktivitas yang tidak produktif, tentunya 10 aktivitas di atas bisa jadi tips buat kamu. Apalagi kalau kamu masih belum punya rencana mau lakukan selama berlakunya aturan di rumah.(*)

*Reporter: Muh. Ilham Raihan Y./Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0