Menara Gedung Pinisi Universitas Negeri Makassar. Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Sejumlah kampus di Indonesia sudah mengeluarkan kebijakan kuliah secara online. Hal tersebut dikarenakan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona secara meluas, Senin (16/3).

Universitas Negeri Makassar (UNM) saat ini sudah siap menerapkan kuliah online dengan menggunakan Learning Management System (LMS).

Direktur Pusat Information and Communication Tecnologie (ICT) Center UNM, Muhammad Agung mengatakan bahwa kampus UNM sudah siap menerapkan sistem pembelajaran secara blended learning.

“UNM sudah siap untuk menerapkan sistem perkuliahan secara blended learning yakni pembelajaran yang mengkombinasikan belajar secara sistem tatap muka dan online.

Tambahnya, pria kelahiran Makassar ini juga mengatakan bahwa sistem pembelajaran online sudah diterapkan dan para Dosen UNM sudah semakin banyak yang menggunakan sistem seperti ini.

“Hal ini dimungkinkan karena UNM dari dini sudah menerapkan sistem seperti ini dan sudah semakin banyak dosen yang menggunakannya karena diakhir tahun 2019 banyak fakultas di UNM melakukan workshop untuk pembelajaran E- Learning terutama yang menggunakan platform MOODLE yg diterapkan pada Learning Management Sistem (LMS)”, pungkasnya.

Saat dikonfirmasi melalui telepon, ia juga menuturkan bahwa UNM melalui surat edaran Rektor telah menginstruksikan “Pembelajaran Blended Learning” untuk mencegah penyebaran Covid 19.

“Nanti kita tunggu instruksi dari Rektor UNM lebih lanjut untuk pembelajaran ‘Full E-Learning’, ini pasti dilakukan oleh Rektor kalau sudah ada instruksi dari pemerintah untuk menerapkan LOCKDOWN untuk Sul-Sel. Maka kita siap untuk menerapkan FULL ONLINE”, ucapnya.

Ia juga mengatakan, jika UNM sudah siap menerapkan proses pembelajaran secara full daring maka terdapat beberapa opsi pembelajaran E-Learning oleh semua sivitas akademika UNM yakni:

  1. LMS UNM di alamat http://lms.unm.ac.id/

LMS UNM merupakan sistem Manajemen Pembelajaran atau kelas online yang dikelola langsung oleh Universitas Negeri Makassar, dimana datanya sudah tersinkronisasi dengan Sistem Informasi Akademik (SIA) UNM.

Dengan demikian semua kelas yang teregister di SIA UNM juga sudah ada otomatis akan ada di LMS UNM. Dengan menggunakan LMS UNM ini maka seluruh dosen dan mahasiswa sudah terdaftar dan berada di kelas yang mereka ambil sesuai SIA.

2. KELASE di alamat http://unm.kelase.id/

Kelase merupakan learning management system (LMS) yang dapat digunakan oleh pendidik, baik perguruan tinggi, sekolah, maupun lembaga pelatihan. LMS yang dikembangkan oleh perusahaan Edukasi Satu Nol Satu, kelas online buatan dalam negeri ini mengadopsi dari berbagai LMS yang sudah dikembangkan sebelumnya misalnya saja moodle.

Salah satu LMS yang dikembangkan di kelase adalah unm.kelase.id, dari awal dikembangkan sampai saat ini perusahan edukasi satu nol satu memberikan free untuk LMS unm.kelase.id karena masih mendapat hibah penggunaan server.

Saat ini sudah ada 182 kelas online yang ada didominasi kelas dari Fakultas Teknik UNM khususnya Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer.

Dosen dan mahasiswa UNM bisa mengguanakan E-Learning unm.kelase.id free untuk kegiatan belajar online terkhusus dalam tanggap wabah Corona (Covid-19).

3. SPADA UNM di alamat https://spada.unm.ac.id

SPADA UNM juga merupakan layanan yang disediakan oleh UNM dan banyak digunakan oleh kelas PPG serta sebagian Prodi di Fakultas Ilmu Pendidikan.(*)

*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0