Rektor Universitas Negeri Makassar, Husain Syam. Foto-Dok. LPM Profesi UNM.

PROFESI-UNM.COM – Husain Syam, lahir di desa Kanang, 07 Juli 1966, Ia besar di Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat. Saat ini Ia menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Kampus Orange, Senin (16/3).

Berbagai pengalaman pendidikan kursus, seminar, dan lokakarya yang pernah diikuti di beberapa kota yang ada di Indonesia. Dua diantaranya, di Jerman (2012) dan Italia (2013), Ia juga memiliki pengalaman penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta buku dan karya ilmiah yang terpublikasi.

Karyanya yang banyak orang gunakan yakni buku berjudul ‘Kewirausahaan (Langkah Praktis Menuju Sukses)’ yang diterbitkan pada tahun 2007 dan buku yang berjudul ‘Kendali Mutu’ yang dicetak tahun 2011 silam.

Pribadi yang humanis dan akademis adalah gambaran karakter yang melekat pada dirinya. Semasa kuliah ia aktif dibanyak organisasi. Ia tercatat pernah menjabat sebagai Ketua Bidang Penalaran Himpunan Pendidikan Teknik Mesin (PTM) dan Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FPTK IKIP Ujung Pandang.

Ia adalah pendiri dua lembaga konsultan Indonesia, kemudian ia juga pernah di amanahkan menjadi Ketua asosiasi Pendidikan Teknologi Kejuruan Indonesia (APTEKINDO).

Husain Syam saat ini sudah menyandang sebagai Status Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) sejak tahun 2016, selama di kampus ia juga punya banyak pengalaman manajerial, seperti Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Dekan Fakultas Teknik dua periode. Bintang Jasa juga menjadi bagian prestasi tersendiri cerita hidup pria dua anak ini.(*)

*Reporter: Muh. Ilham Raihan Y/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0