Ilustrasi, ketika wartawan saat mewawancarai narasumber. Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Jurnalis adalah orang yang mengumpulkan, mengelola dan membawakan informasi ke khalayak umum. Akan tetapi orang lain sering menyempitkan arti dari jurnalis/wartawan.

Sebenarnya jika kita tahu secara luas arti dari jurnalis, tidak hanya wartawan yang menyandang gelar jurnalis tapi ada beberapa bidang didalamnya, diantaranya adalah :

1) Reporter
Sudah pasti seorang reporter adalah seseorang yang bertugas untuk meliput sebuah informasi yang kemudian dituangkan kedalam media, baik itu media lisan atau tulis.

2) Presenter
Peran seorang presenter adalah menyampaikan informasi melalui sebuah agenda TV. Di LPM Profesi UNM seorang presenter bertugas untuk membawakan Informasi di Profesi TV

3) Webmaster
Seorang webmaster adalah seseorang yang memiliki peran yang besar namun menantang. Untuk sebuah berita dapat sampai di portal LPM Profesi UNM seorang webmaster memiliki peran untuk mengupload berita tersebut.

4) Videografer
Seorang videografer bertugas untuk mengambil video dan mengedit video tersebut.

5) Fotografer
Hampir sama dengan vidiografer seorang fotografer juga tidak dapat lepas dari kamera. Tapi bedanya adalah seorang fotografer lebih fokus untuk mengambil foto selama liputan.

6) Penyiar
Seorang penyiar adalah seseorang yang memiliki tugas membawakan sebuah agenda acara atau sebuah informasi melalui radio.

7) Desain grafis
Seorang desain grafis adalah seseorang yang memiliki kemampuan estetika yang tinggi dan mampu mendesain. Biasanya dia yang bertugas membuat sampul tabloid dan membuat logo agenda.(*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0