Ustadz Ardian Kamaldi saat menyampaikan ceramahnya di Masjid . Ulil Albab. Foto: Resky Profesi.

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Tabligh Akbar. Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda Muktamar yang ke-28 yang bertemakan ‘Adab dan Akhlak Penuntut Ilmu’ di Masjid Ulil Albab, Kamis, (5/3).

Kegiatan ini dilaksanakan setelah pembukaan Muktamar dan sholat Ashar berjama’ah, dalam kegiatan ini juga turut menghadirkan Ketua Yayasan Amal Jariyah Indonesia, Ustadz Ardian Kamal sekaligus penceramah dalam kegiatan tersebut.

Dalam kajiannya, Alumnus King Saud Universitas Arab Saudi tersebut mengatakan bahwa salah satu adab dalam menuntut ilmu yaitu dengan mendatanginya langsung sebagaimana murid mendatangi gurunya
untuk mencari ilmu.

“Salah satu adab dalam menuntut ilmu adalah mendatanginya secara lansung dan tidak didatangi oleh ilmu dan belajar hanya melalui youtube akan menimbulkan kesalahpahaman yang lebih besar,” ungkapnya.

Alumni UNM ini menambahkan bahwa dalam mencari ilmu sebaiknya dilakukan dengan komitmen dan bersungguh-sungguh dan hal itu tidak akan terwujud jika hanya bersantai-santai.

“Sulit kita mendapatkan ilmu jika kita turuti setiap keinginan tubuh untuk selalu santai dan bermalas-malasan,” tambahnya.

Ia juga menuturkan bahwa kunci untuk mendapatkan ilmu secara meneyeluruh ialah harus bersabar.

“Anda tidak akan mendapatkan ilmu secara menyuluruh jika hanya setengah-setengah, bahkan bisa menimbulkan salah paham, tidak mungkin seseorang bersungguh-sungguh jika tanpa adanya sabar, sabar adalah kunci mendapatkan ilmu secara menyeluruh,” tuturnya.(*)

*Reporter: Muhammad Resky/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0