Kampus Pinisi Universitas Negeri Makassar. Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Kabar gembira untuk mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM), karena sivitas akademik UNM (mahasiswa, Dosen, dan tenaga kependidikan) kini bisa mengakses internet gratis di seluruh penjuru tanah air, Selasa (3/3).

Hal itu dibenarkan oleh Muhammad Agung selaku Direktur Information and Communication Technologie (ICT) Center UNM saat ditemui di ruangannya. Ia mengatakan bahwa mahasiswa UNM bisa mengakses internet secara gratis di luar kampus dan di seluruh wilayah Indonesia melalui program Single Sign On (SSO) dengan menggunakan jaringan internet WIFI.ID dari PT Telkom Indonesia.

“SSO ini bisa digunakan di seluruh Indonesia yang mempunyai internet Wifi ID, dengan akun yang kita miliki dan kita bisa gunakan di mana saja seperti di hotel, bandara udara, di cafe yang mempunyai WIFI.ID”, ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa akun SSO tersebut berlaku selama mahasiswa masih kuliah di UNM dan membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) atau Uang Kuliah Tunggal (UKT)

“Akun SSO ini akan berlaku selama mahasiswa masih kuliah dan dia membayar SPP/UKT. Dengan persyaratan ini, setiap mahasiswa akan mendapatkan akunnya setiap bulan”, pungkasnya.

Pria kelahiran 1972 ini juga mengatakan bahwa pihak kampus baru memberikan pelayanan seperti ini dan mahasiswa UNM bisa melakukan proses pembelajaran di luar kampus.

“Jadi baru pertama kali kita memberikan layanan kepada mahasiswa yang sifatnya menyeluruh, baik di kampus maupun di luar kampus. Karena kami sadar bahwa mahasiswa itu proses belajarnya itu bukan hanya di kampus saja tapi mereka juga belajar di luar kampus”, bebernya.

Tambahnya, ia juga menuturkan bahwa program ini akan rampung di seluruh kampus UNM (6 lokasi kampus, Kampus Pettarani, Tidung, Banta-bantaeng, Parangtambung, Bone, dan Pare-Pare) pada akhir Mei 2020 mendatang.

“Kalau berjalan sesuai dengan rencana dan tidak ada hambatan di lapangan maka dari 3 bulan dari sekarang sampai akhir Mei, InsyaAllah akses poin itu sudah merata dan bisa digunakan dimanapun di kampus UNM dengan hanya satu akun,” tuturnya.

Untuk akun ini maka akan diberlakukan setiap bulannya, yang dimana password untuk setiap akun itu diganti setiap bulannya agar tidak digunakan oleh pihak yang tidak berwenang jika passwordnya bocor, hal yang lain adalah agar SSO ini bisa lebih efektif dan efisien.(*)

*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan