PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopma) “Almamater” Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali akan menggelar Ekspedisi Sosial yang ke-VI. Kegiatan ini mengangkat tema “Mengukir Kebersamaan Dalam Potret Sosial”. Kegiatan ini akan diadakan di Desa Umpungeng, Dusun Bulu Batu Soppeng Selasa, (7-14/1/20)

Ketua panitia, Arya Agung Nugraha mengatakan ekspedisi sosial bertujuan untuk memberdayakan masyarakat terutama dalam bidang pendidikan dan kewirausahaan.

Target capaian dalam kegiatan ini adalah Masyarakat Desa Umpungeng agar bisa meningkatkan rasa kepedulian dan rasa sosial terhadap kondisi lingkungannya, baik dari segi kebutuhan ekonomi maupun dari segi lapangan pekerjaan.

“Tujuannya untuk memberdayakan masyarakat dalam memajukan pendidikan dan kewirausahaan. Tak hanya itu, kegiatan ini menargetkan dapat meningkatkan rasa kepedulian terhadap kondisi lingkungan sekitarnya,” katanya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan kegiatan ini menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap sesama semakin tinggi. Selain itu masyarakat bisa memahami dan juga menerapkan prinsip berkoperasi di desanya.

Program kerja (Proker) pada ekspedisi sosial terdiri dari proker khusus dan proker umum. Proker khusus yakni seminar kewirausahaan. Seminar ini menjelaskan tentang pemasaran dan pengolahan kopi, gula aren, coklat dan Sosialisasi cikur.

Proker Umum berupa lomba yang diperuntukkan untuk anak SD dan Masyarakat. Lomba untuk anak SD yakni lomba azan, lomba hafalan Alquran, lomba kultum, lomba mewarnai, lomba puisi, dan lomba nyanyi lagu wajib. Sedangkan lomba untuk masyarakat yaitu lomba domino, dan lomba rumah sehat.

Ada banyak rentetan kegiatan yang dilakukan di luar dari proker khusus dan umum, yakni ada juga kegiatan di lokasi yaitu senam, dan Kerja bakti lingkungan yang dilakukan di mesjid, sekolah, dan lingkungan sekitar.

“Semua kegiatan dan lomba yang dilakukan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama masyarakat terlebih pada tujuan utama ekspedisi ini yakni bisa berkoperasi di desanya,” katanya.

*Reporter: Nur Fazila