Celengan, Foto: Int

PROFESIUNM.COM – Musim libur semester dan akhir tahun telah tiba. Pastinya para mahasiswa sudah merencanakan liburan semester. Liburan ini juga dijadikan untuk melepas penat selama satu semester karena urusan kuliah, keseruan liburan juga bisa dilakukan bareng teman, keluarga atau pun dengan pacar sekalipun.

Eitss, jangan rencana yang di susun matang-matang namun budget buat liburan masih dimulai dari nol yah kayak SPBU.

Buat mewujudkan liburan impian, berikut tips nabung budget liburan buat para mahasiswa.

1.Bawa Bekal atau Masak

Percaya atau tidak makan diluar itu yang bikin uang jajan kalian cepat habis. Misalnya kalian setiap kuliah makan di kampus dua kali dalam sehari, sekali makan itu 10.000, jadi budget kalian buat makan aja 20.000 sehari. Nah, lebih baik bawa bekal kan, dan untuk anak kost ayo masak-masak jangan malas.

2. Tetapkan Nominal Tabungan

Cara ini cukup efektif buat nabung. Misalnya kalian itu tetapkan uang 10.000 buat ditabung dan komitmen setiap kalian punya uang 10.000 di dompet maka akan langsung masuk dalam tabungan kalian.

3.Kurangin Nongkrong dan Hang Out

Duh kayaknya susah banget yah hindari kedua aktivitas diatas, namun buat mencapai target liburan impian kalian harus bisa nahan diri supaya gak tergoda sama teman yang ngajakin nongki dan hang out tiap minggu, kalian bisa tetap nongki dan hang out tapi bikin jadwalnya supaya pengeluaran kalian tidak terlalu besar dan bisa buat nabung.

4.Hindari Olshop dan Delivery Food

Wah kalo yang dua ini merupakan hal yang susah buat dihindari. Ketika kalian sedang gabut pasti buka marketplace atau olshop terus masukin keranjang eh gak sadar ke beli padahal udah rencana buat nabung.Kalo buat delivery food sih merupakan kesukaan setiap orang apalagi udah di iming-imingi sama diskonan, pupuslah niat buat nabungnya. Jadi, sebaiknya kedua hal tersebut dihindari dulu deh buat wujudkan liburan impian.

Itulah, beberapa ulasan tips buat mahasiswa yang punya rencana liburan impian. Semoga bermanfaat dan jangan lupa diterapkan yah.

Reporter: Annisa Puteri Iriani

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0