PROFESI-UNM.COM – Sudah tak terasa yah libur jeda semester. Siapa sih yang tidak tahu istilah mudik, hampir semua orang di indonesia menjadikan istilah ini sebagai tradisi, apalagi bagi para mahasiswa yang merantau di daerah untuk melanjutkan pendidikannya.

Berikut ini beberapa tips mudik bagi mahasiswa :
1. Memastikan semua perkuliahan telah selesai.

Hal ini sangat penting bagi mahasiswa, jika sudah nyaman di kampung, pada saat melihat daftar nilai dan salah satu nilai tidak sesuai dengan realita dimana kamu rajin mengumpulkan tugas serta sepenuhnya mengikuti tatap muka di kelas maka, kamu akan kesulitan untuk mengurus nya.

2. Pamit sama bapak dan ibu kost.

Tips ini juga selain menjalin silaturahmi yaitu menjalin komunikasi dan mengetahui bahwa kamu sedang mudik, jika terjadi sesuatu bapak dan ibu kost dapat mengantisipasi adanya maling masuk ke kamar kost anda.


3. Membawa barang perkuliahan yang penting.

Sebelum mudik jangan lupa untuk membawa barang penting anda seperti : note book/laptop dan berkas perkuliahan. Hal ini sangat penting bagi para mahasiswa dimana tersimpan dokumen akademik nya. 

4. Periksa keadaan kamar 

Pastikan seluruh peralatan listrik dan kompor di kost kamu telah di matikan, selain menghemat pembayaran listrik juga mengantisipasi terjadinya kebakaran pada kost kalian.

5. Berkendara dengan safety

Bagi kalian para mahasiswa jika pulang kampung berkendara lah dengan aman karena tujuan kalian mudik untuk berkumpul dengan keluarga, jangan sampai dengan anda ugal-ugalan di jalan sehingga terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan.

Selamat berlibur guys jangan lupa kembali setelah libur usai karena tugas dan laporanmu akan menantimu.

*Reporter : Muhammad Khadafi