pembukaan Talkshow, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni di Ballroom Theater Menara Pinisi UNM, Sabtu (7/12). (Foto: Anita - Profesi)

PROFESI-UNM.COM  – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Universitas Negeri  Makassar (UNM) Menggelar Talk Show Budaya yang berlangsung di Ballroom Teater Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Sabtu (7/12).

Mengusung tema “Budaya Kita Masa Depan Indonesia”, Talk Show ini menghadirkan narasumber yaitu penggagas Pustaka Bergerak, Nirwan A. Arsuka dan Sastrawan Aslan Abidin.

Nirwan A. Arsuka beranggapan bahwa pergeseran nilai budaya terjadi karena kurangnya kesadaran kritis terhadapa nilai-nilai budaya dalam masyarakat.

Invasi budaya yang terjadi dikalangan masyarakat intelektual  karena kurangnya kritik terhadap kebudayaan. Kritik kebudayaan yang paling penting adalah kritik yang mengarah ke kampus.

“Kritik yang paling penting menurut saya adalah kritik yang diarahkan ke kampus-kampus,” katanya.

Ketidakseriusan kampus dalam menumbuhkan pemikiran kritis justru tidak menumbuhkan tradisi berpikir ilmiah.

“Pemikiran -pemikiran kritis yang harusnya menumbuhkan pemikiran baru tidak sungguh – sungguh dibiarkan tumbuh di kampus, akibatnya  menjadikan kampus menjadi anti ilmiah,” tambahnya.

*Reporter: Muhammad rezky/ Editor: Supriadi

Share and Enjoy !

0Shares
0 0