Gedung teknol FT UNM. (Foto: Dokumentasi Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Suasana belajar yang kondusif akan membuat mahasiswa dan dosen merasa nyaman dalam melakukan proses belajar mengajar. Tapi apa yang akan terjadi jika kondisi ruangan tidak kondusif, belajar di gedung tua, dengan rasa takut yang menghantui di setiap proses perkuliahan.

Hal ini dialami Muhammad Irsyam, mahasiswa Jurusan Elektro yang berkuliah di Gedung Teknol Fakultas Teknik (FT). Irsyam mengeluh akan kondisi ruangan yang menurutnya sudah tidak layak pakai lagi. Dirinya juga mengaku, selalu was-was ketika berkuliah di gedung tersebut.

”Masa runtuhpi baru mau diganti ini gedung, mana prodi bertambah lagi otomatis ruangan berkurang, nyatanya tidak ada pertambahan kelas sampai sekarang,” keluhnya, Jumat (18/10).

Tak hanya Irsyam saja yang merasakan hal tersebut, beberapa dosen yang mengajar pun tak jarang mangkir mengajar dengan alasan yang sama.

Ketua Jurusan Elektro, Ruslan membenarkan hal tersebut. Ia mengaku tak jarang mendapat keluhan dari beberapa dosen terkait kondisi gedung yang sudah berusia 55 tahun tersebut.

“Oh iya, memang banyak dosen yang bilang begitu, jadi saya sudah perintahkan ketua prodi untuk menyurat jadi itu sudah sampai di fakultas, jadi kita tinggal menunggu konfirmasi. Cuma khawatirnya kalau tidak ditanggapi terjadi hal yang tidak diinginkan melihat kondisi fisik gedung sudah tidak layak,” katanya.

Keluhan juga datang dari Ketua Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) Mustari, ia mengatakan, secara tampilan fisik gedung Teknol memang sudah kelihatan usang dan tua.

“Fisik itu sudah ada material yang jatuh, saya tidak tau layak atau tidak. tapi memang ini gedung kan sudah terbakar,” katanya.

Terpisah, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum (WD II) Jamaluddin, mengungkapkan pihak fakultas sudah pengajuan renovasi Gedung Teknol. Ia juga menjaleskan, proses pengajuan sudah berada di kantor pusat dan sedang menunggu persetujuan.

“Oh ndak ji, sementara terprosesmi itu usulannya, nanti kita akan renovasi,” jelasnya.

*Tulisan ini telah terbit di Tabloid Profesi Edisi 236



Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0