PROFESI-UNM.COM – Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan menggelar malam puncak satu dasawarsa.

Kegiatan ini merupakan rangkain Hari Ulang Tahun (HUT) PTIK ke-10.

Acara ini akan digelar di Pelataran Menara Pinisi UNM, Jl AP Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (30/11).

Malam puncak satu dasawarsa ini mengangkat tema ‘1 Dasawarsa PTIK Mengabdi Untuk Negeri’.

Ketua Panitia, Putra mengatakan kegiatan ini sebagai ajang menjalin silaturahmi antara alumni, mahasiswa dan citivas akademik dan kembali memperkuat seluruh potensi dan sumberdaya PTIK ke-10 tahun.

“Tujuan kegiatan ini adalah menjalin silaturahmi antara alumni dan seluruh citivas akademi UNM dan kembali mengkonsolidasikan seluruh potensi dan sumberdaya PTIK diusianya ke-10 tahun,” katanya.

Ia berharap, kegiatan ini mampu mendeteksi potensi PTIK dan membuat PTIK lebih baik lagi.

Dengan ini juga bisa menjalin silaturahmi antar angkatan.

“Dengan terjalinnya silaturahmi, kita mampu mendeteksi potensi PTIK sehingga kita bisa bersama sama bersinergi untuk PTIK yang lebih baik, dan juga para alumni mampu bersinergi baik dalam urusan dunia kerja dan bisnis, terjalinnya silaturahmi antara mahasiswa dan bisa saling sharing terkait pengalaman setelah menyelesaikan studi,” harapnya.

Dalam kegiatan ini, nantinya akan diisi oleh penampilan yang sangat memukau dari mahasiswa aktif PTIK FT UNM, selain itu akan ada beberapa penghargaan kepada dosen dan mahasiswa berprestasi.

“Nanti pengisi acaranya itu dari mahasiswa dan akan ada penghargaan untuk dosen serta mahasiswa,” tutupnya.

Sejarah PTIK

Dikutip dari, http://ptik.ft.unm.ac.id/, Jurusan PTE tersebut, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar pada bulan Juni 2007 membentuk tim penyusun proposal Pembukaan Program Studi Pendidikan Teknik Komputer yang diketuai oleh Mustari Lamada dengan nomor 31/SK/J38.1.7/PP/2007.

Sejak saat  itu mulai bekerja menyusun proposal pengajuan prodi teknik komputer dan walhasil proposal selesai disusun pada bulan Agustus 2007.

Setelah diajukan ke Dirjen Dikti pada awal Agustus 2007 dan diperiksa dengan seksama maka pada tahun awal 2008 Dirjen Dikti mememerintahkan kepada pengusul untuk melakukan revisi-revisi terhadap proposal yang diajukan oleh tim.

Dengan adanya revisi-revisi yang diberikan oleh tim Dirjen Dikti maka tim penyusun kembali merevisi naskah usulan yang diajukan antara lain dengan mengubah nama program studi menjadi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer yang disingkat PTIK.

Akhirnya pada tahun 2008 naskah revisi kembali diajukan ke Dirjen Dikti oleh Dekan FT Prof. Dr. H. Husain Syam, M.TP melalui Rektor Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. Arismunandar, M. Pd.

Walhasil akhirnya PTIK resmi didirikan berdasarkan Surat Keputusan Pendirian Program Studi Nomor 1584/D/T/2009 oleh Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan nomor SK Izin Operasional bernomor 9693/T/K-N/2011.

PTIK didirikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar dan tenaga profesional di bidang teknik informatika dan komputer di Kawasan Indonesia Timur saat itu.

Program studi PTIK merupakan salah satu dari 3 program studi yang berada dalam naungan Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Program Studi PTIK fokus melaksanakan tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan PPM bidang pendidikan teknik informatika dan komputer sesuai dengan misi yang diemban. (*)

Baca juga:

WR III UNM Akan DO Mahasiswa Jika Terbukti Melakukan Tawuran

Mahasiswi UNM Ainun Irsani Musdalifah Tembus Show Case II Indonesia Idol 2019

UKM LIMA Washilah UINAM Sambangi Redaksi LPM Profesi UNM

Tonton Juga Fakultas Teknik Juara Beruntun Pameran Pendidikan Dies Natalis UNM:

*Reporter: Ratu Fathonah Amalia