PROFESI-UNM.COM – Malam terakhir pelaksanaan Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2019 Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) peserta diajak berkemah (camping) di Hutan Pinus Malino, Sabtu (4/11).

Usung konsep baru, ketua panitia, Fikri Rahmat Utama mengatakan hal ini ditujukan untuk melatih ketahanan para calon jurnalis baru LPM Profesi UNM dalam segala situasi dan kondisi apapun. Selain itu juga untuk memberi warna baru dalam DJMTD kali ini.

“Agar mereka dalam kondisi apapun, mau cuaca dingin atau panas pun tetap mampu menulis berita,” ujarnya.

Lanjut, ia menambahkan item kegiatan pada malam camping ini meliputi diskusi jurnalistik bersama alumni-alumni profesi, presentasi hasil investasi peserta, dan showtime. Salah satu alumni profesi yang berbagi cerita tentang jurnalistik yakni Uslimin yang sekarang bekerja di Komisi Pemilihan Umum.

Dalam diskusi tersebut, ia mengatakan Profesi hanya menerima mahasiswa yang benar-benar serius ingin belajar. Siapa pun dan apapun jabatan pengelola jika ia lalai menjalankan tugas dan kewajibannya maka akan dipecat.

” Jumlah kepala itu tidak penting, yang penting adalah isi kepala, itulah kenapa dari dulu hingga sekarang tak pernah banyak pengelolanya Profesi,” ujarnya.

Pada agenda ini, salah satu peserta DJMTD 2019, Azwar Anas mengaku senang akan konsep camping dalam widyawisata ini, namun disamping itu ia juga merasa tertantang untuk menyelesaikan liputan dengan cuaca yang dingin.

“Bagus kak, unik konsep campingnya, tapi disinimi juga haruski berjuang keras kak, selesaikan tugas liputan di cuaca dingin,” kata mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer ini. (*)

*Reporter: Andi Dela Irmawati