PROFESI-UNM.COM – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Parepare menghelat Festival Pemuda. Agenda pertama yaitu Lomba Orasi Ilmiah yang dilangsungkan di Taman Mattirotasi Parepare, Jumat (25/10).

Kegiatan ini pun diikuti oleh para mahasiswa perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan pemuda utusan dari organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) se-Kota Parepare. Lomba tersebut mendaulat juri dari latarbelakang berbeda, ada dari pemuda Safar Muchtar, senior KNPI, Muh Ali, dan akademisi, Sriyanti Mustafa.

Mahasiswi dari Kampus V UNM Parepare dinobatkan sebagai juara pertama, Andi Salwa Awaliya dengan total nilai 992, menyusul juara kedua perwakilan Pemuda Panca Marga, M Fadliansyah dengan nilai 941, dan juara ketiga dari BEM STIE Amsir, Anggi Safitri dengan nilai 941.

Juara 1 lomba orasi ilmiah, Andi Salwa mengucapkan terimakasih kepada KNPI Parepare yang telah memberi ruang untuk mengasah potensi pemuda. Ia mempersembahkan prestasinya tersebut untuk Kampus V UNM Parepare.

“Terimakasih, juara ini saya persembahkan kepada kampus tercinta, Kampus V UNM Parepare,” ucap Kepala bidang Komunikasi Advokasi Himaprodi PGSD Parepare.

Sementara itu, Ketua KNPI, Asy’ari Abdullah menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat menyukseskan agenda lomba orasi itu. Menurutnya selain untuk mengasah potensi mahasiswa, kegiatan ini juga untuk memeriahkan hari sumpah pemuda.

“Ini merupakan upaya KNPI untuk memberi ruang kepada pemuda Parepare dalam mengasah potensi, juga merangkul pemuda menyemarakkan hari sumpah pemuda,” ucapnya.

Mengusung tema ‘Pemuda Berintegritas Menuju Indonesia Gemilang’ ini menyajikan persembahan spesial dari pegiat literasi Ahmad Kohawan yang tampil dengan orasi pemudanya. Sementara itu, dimalam puncak festival pemuda KNPI Parepare yang rencananya dilangsungkan di Hotel Satria, 28 Oktober mendatang, akan kembali menampilkan Andi Salwa.(*)

*Reporter: Ratu Fathonah Amalia