Erwan, Mahasiswa FBS UNM. (Foto; Ist)

PROFESI-UNM.COM – Erwan, mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil raih beasiswa studi s2 dari pemerintah Rusia. Sejak lama, ia bercita-cita belajar ke luar negeri, karena itu ia tak pernah berhenti mencari peluang dan mencari info beasiswa di luar negeri.

Erwan bercerita bagaimana ia bisa mendapatkan kesempatan untuk kuliah di Rusia. Mahasiswa yang juga anggota dari Bengkel Sastra (Bestra) ini mengaku senang dan bahagia. Aawalnya ia mendaftar di portal Rusia, kemudian mencari info-info penting lainnya.

“Persyaratan administratif seperti ijazah, sertifikat, abstrak tesis dan toefl juga saya siapkan. Setelah itu, proses wawancara juga dilakukan sebelum pengumuman final nya dilakukan dari universitas tersebut melalui email,” katanya.

Kerja kerasnya pun terjawab dan membuahkan hasil manis ketika diberitahu lewat email bahwa dirinya mendapat kesempatan untuk kuliah jurusan Theatre Studies di Russian State Institute of Performing Arts Universitas di Saint Petersburg, Rusia. “Senang, karena satu lagi capaian saya berhasil di peta pikiran yang saya buat, yah saya pikir gambaran perasaan saya tidak bisa terwakili melalui apapun” ujar  Erwan.

Erwan pernah menjadi Volunteer perwakilan Indonesia di Intercultural Friendship di Kota Kinabalu Malaysia dan menjabat Pemangku Adat Teater Bengkel Sastra periode 2017-2018.

Selain itu, Ia juga bermain di berbagai pementasan sebagai Nominasi Aktor utama Festival Teater Mahasiswa Indonesia 11 Bersama Wajah Setan 2015, Aktor utama Festival Sastra Islam Mencari senyuman 2016,  Sebagai Masdar Festival Teater Mahasiswa Indonesia 12 Mega-Mega 2016,  Nominasi Aktor utama sebagai Dio di Festival Teater Mahasiswa Nasional 8 Diorama 2017.

Pada tahun yang sama juga ia berperan sebagai Sutradara Sanbu Ingtay adaptasi naskah Sampek Engtay karya Nano Riantiarno 2015, Sutradara Ramli Ramlah karya Azis Nojeng 2017, Sutradara Film Tangga Tua dan Tokoh Kita, Selain itu, di penghujung tahun 2018 lalu ia berhasil menggaet Juara Festival Teater Mahasiswa Indonesia Ke 14 sebagai Supervisor dalam naskah Kulawarga.

*Rara Astuti