KKN-PPM UNM Latih Warga Desa Aka-akae Buat Keripik Sayur, (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar pelatihan pembuatan kiripik sayur di Aula Desa Aka-akae Kabupaten Sidrap, Kamis (25/7).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk melakukan kewirausahaan demi meningkatkan pendapatan keluarga dengan memanfaatkan bahan yang berkhasiat dan mudah ditemukan berupa sayuran khususnya bayam dan sawi.

Koordinator desa, Ahmad Firmansyah, menuturkan bahwa keripik bayam dan sawi merupakan salah satu makanan yang dibuat dengan cara digoreng dan dipadukan dengan bumbu-bumbu penyedap lainnya. Produk ini merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak kandungan nutrisi didalamnya. Diantaranya mengandung zat besi dimana kandungan zat besi ini lebih tinggi dari sayuran lainnya, maka dari itu dapat menjadi alternatif untuk mengobati anemia.

Berbagai manfaat ini yang mendorong para mahasiswa untuk lebih memperkenalkan produk tersebut kepada masyarakat, selain demi menambah pundi-pundi penghasilan bagi keluarga.

“Produk ini memiliki rasa yang sangat enak dan gurih, juga memiliki tekstur yang renyah. Bahan mudah dijangkau dan jika dijual juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi,” tuturnya.

Salah satu peserta pelatihan, Hasna, mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Aka-akae khususnya ibu rumah tangga agar lebih produktif membantu perekonomian keluarga. “Ini baik untuk ibu-ibu buat cemilan di rumah sekaligus dapat membantu pendapatan keluarga,” katanya

Pelatihan ini kemudian dilanjutkan dengan memberikan pemahaman manajamen usaha tentang cara mencatat pembukuan yang sederhana kepada masyarakat yang memiliki usaha berupa warung dan sejenisnya agar dapat mengelola keuangan dan mengatur usahanya.(*)

*Reporter: Fikri Rahmat Utama

Share and Enjoy !

0Shares
0 0