Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Peduli HIV/AIDS dan Napza (MAPHAN) Universitas Negeri Makassar (UNM) helat Talkshow di Gedung Bahasa Arab Kamis, (27/6) - (Foto: IST)

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Peduli HIV/AIDS dan Napza (MAPHAN) Universitas Negeri Makassar (UNM) helat Talkshow dalam memperingati Hari Anti Narkoba International 2019 (HANI). Tema yang diusung yaitu ‘Milenial Sehat Tanpa Narkotika Menuju Indonesia Emas’. Acara ini berlangsung di Gedung Bahasa Arab UNM, Kamis (27/6).

Penyalahgunaan narkoba akhir-akhir ini semakin marak terjadi seiring pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Terlebih lagi sebagian besar kasus pemakaian narkoba adalah usia remaja yang merupakan usia produktif sehingga merusak kualitas sumber daya manusia dan moralitas bangsa.

Ketua Panitia, Al-Qadri menuturkan, perlunya usaha untuk menyelamatkan generasi muda dari cengkraman narkoba dengan cara meningkatkan peranan pemerintah maupun civil society. Hal ini berupaya memberikan pencerdasan bagi generasi muda demi terbentuknya generasi muda Indonesia bebas narkoba.

“Hadirnya talkshow ini dapat memotivasi segenap masyarakat untuk bersatu melawan narkoba demi mewujudkan Indonesia sehat tanpa narkoba. Tentu juga memaksimalkan peranan kami selaku UKM yang bergerak bersama memberantas penyalahgunaan narkoba serta memberikan upaya dalam mencerdaskan generasi muda Indonesia bebas narkoba,” tuturnya.

Disisi lain, Ketua Umum UKM MAPHAN UNM, Muhammad Asril Anto mengatakan, mahasiswa sebagai Agent of Change seharusnya turut andil dalam memerangi segala bentuk narkotika. Bukan malahan turut andil dalam meramaikan rentetan kasus narkotika di negara kita ini.

“Dalam kegiatan ini saya harap muncul semangat untuk menolak hadirnya narkotika tersebut di dalam lingkungan sehari hari kita itu pun di harapkan pada tahun 2019 ini dengan memperingati HANI kita bisa meningkatkan semangat untuk melawan narkotika,” tutupnya. (*)

*Reporter: Aulia Ayu Aprilia Zabir