Muhammad Anas membawakan materi pada PKM Pelatihan Komunikasi Interpersonal. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Dosen Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menghelat pelatihan komunikasi interpersonal bagi guru BK di Kabupaten Pinrang, Jum’at (21/6). Pelatihan ini digelar melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM.

Pelatihan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan guru BK dalam menerapkan keterampilan dasar konseling dan meningkatkan kemampuan pelayanan BK di sekolah, terutama kemampuan komunikasi interpersonal. Ketua tim pelaksana PKM, Muhammad Anas mengatakan keterampilan dasar konseling merupakan langkah awal sebagai bekal untuk melakukan kegiatan konseling, konseling akan berjalan efektif jika konselor menguasai keterampilan dasar konseling.

“Keterampilan dasar konselor, berwujud pada kemampuan berkomunikasi konselor, baik itu interpersonal, intervensi atau pun integrasi,” kata ketua prodi BK ini.

Pelatihan secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pinrang. Kemudian dilanjutkan dengan penyajian materi oleh Muhammad Anas dan rekannya Abdullah Sinring. Keterampilan dasar konseling seperti attending dan seterusnya diurai secara runtut dan jelas oleh pemateri.

Sebanyak 47 orang guru BK mengikuti kegiatan yang berlangsung di gedung SMAN 4 pinrang ini dengan antusias. Berdasarkan hasil pre test dan post test yang tim PKM berikan, diketahui bahwa peningkatan persentase skor rata-rata peserta sebelum dan setelah pelatihan keterampilan komunikasi interpersonal sebesar 60%.

“Semoga pelatihan ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kemampuan guru BK disekolah terutama keterampilan komunikasi interpersonal,” harap Muhammad Anas. (*)

*Reporter: Andi Dela Irmawati

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0