Abdullah Sinring membawakan materi pada PKM Pelatihan Konseling Naratif. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Dosen Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar pelatihan penerapan konseling naratif bagi guru BK di Kabupaten Pinrang. Pelatihan ini digelar melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM, Jum’at (21/6).

Abdullah Sinring, yang menjadi ketua tim pelaksana PKM ini mengatakan, pelatihan ditujukan agar para guru BK mampu memahami materi, konsep dan hakikat konseling naratif. Selain itu, juga agar mereka mampu menerapkan langkah-langkah konseling naratif.

“Melihat kenyataan di sekolah, termasuk di Kabupaten Pinrang, banyak dijumpai siswa yang tidak memiliki keberanian mengungkapkan gejolak pikiran, perasaan, emosi, dan kemauannya. Nah, metode konseling naratif ini bisa menjadi salah satu metode yang tepat untuk mengatasinya,” kata eks dekan FIP ini.

Kegiatan pelatihan diawali dengan pemberian materi oleh Abdullah Sinring dan rekannya, Muhammad Anas, setelah sebelumnya acara secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pinrang. Seusai pemberian materi, para guru mengaplikasikan materi yang diperoleh, yang dibimbing oleh tim PKM, diberikan contoh, dan diberikan feedback kemudian dilakukan monitoring dan pendampingan.

Pelatihan yang digelar di gedung SMAN 4 Pinrang ini diikuti oleh sebanyak 47 orang guru BK. Peserta mengikuti kegiatan dengan antusias dan saling bertukar giliran untuk memberikan umpan balik pertanyaan pada setiap penyajian materi. (*)

*Reporter: Andi Dela Irmawati

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0