Proses pembuatan bossara dari pelepah pisang. (Foto-Ist)

PROFESI-UNM.COM– Mahasiswa jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) memanfaatkan kulit pisang menjadi bosara. Pemanfaatan ini merupakan rangkaian Program Krativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristekdikti).

PKM ini mengangkat judul “Pemanfaatan Pelepah Pisang Menjadi Bosara Dengan Hiasan Sisik Naga Pada Remaja Putri”.

Ketua PKM, Ummu Atiyah A.S. mengatakan tujuan kegiatan ini untuk membantu masyarakat memanfatkan dan mengolah pelepah pisang menjadi barang yang bernilai jual. Tak hanya itu, melalui program ini pula masyarakat dapat melatih kreativitas.

“Sebagai bahan referensi, untuk mengurangi tingkat pengangguran, melakukan pemberdayaan dan menjadi wadah bagi masyarajat Kecamatan Sinjai Tengah dalam mengembangkan keterampilan dan kreativitasnya,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan ini berlangsung sejak 11 Mei hingga 10 Juni. Program ini ditargetkan untuk remaja putri di Kabupaten Sinjai Kecamatan Sinjai Tengah. “Untuk remaja putri di Sinjai Tengah,” tambahnya.

Adapun rangkaian kegiatannya, yakni:

  1. Sosialisasi
  2. Mulai membuat tutup bosara
  3. Membuat bosara,
  4. Pengaleman
  5. Pengeringan bosara
  6. Pewarnaan bosara
  7. Pembuatan sisik, dan
  8. Menghias.

Ia berharap, dengan pelatihan itu remaja putri di Kecamatan Sinjai Tengah bisa mandiri dan menciptakan inovasi baru untuk menstabilkan perekonomiannya.

“Semoga dengan adanya pelatihan seperti ini remaja putri di Kecamatan Sinjai Tengah bisa lebih produktif dan dapat menciptakan peluang usaha sendri,” harapnya.

Adapun dalam kegiatan ini melibatkan beberapa Mahasiswa FT, yaitu Arfiani, Andriani, Dwi Sukma, Pratiwi, dan Nurul Iftitahini. (*)


*Reporter : Ratu Fathonah Amalia

Share and Enjoy !

0Shares
0 0