Dosen Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) foto bersama warga Desa Mattiro Tasi, Maros, Minggu (16/6). (Foto : Ist)

PROFESI-UNM.COM – Dosen Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) ajarkan pengolahan limbah bekas reklame menjadi lahan budidaya cacing tanah. Kegiatan ini ditujukan bagi warga Desa Mattiro Tasi, Maros, Minggu (16/6).

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang diinisiasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNM ini mengangkat judul “Pemanfaatan Limbah Reklame dan Limbah Budidaya Cacing Tanah pada Usaha Budidaya Ikan di Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros.

Dosen PTP, Amirah Mustarin menuturkan, kegiatan yang diikuti oleh para nelayan dan pemuda karang taruna desa Mattiro Tasi tersebut, diajarkan guna meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan limbah.

“Tujuannya PKM ini dapat membantu masyarakat meningkatkan taraf hidupnya meski hanya dengan memanfaatkan limbah spanduk dan limbah budidaya cacing tanah sebagai pakan ikan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, selain budidaya cacing dimanfaatkan sebagai pakan bagi usahakan ikan, juga hasil budidaya cacing tersebut juga bisa dijual saja, mengingat harga cacing yang terbilang cukup mahal.

“Jadi, selain untuk pakan ikan, budidaya cacing ini juga bisa untuk di jual saja. Apalagi harga cacing tanah per Kilogram bisa mencapai Rp 80.000,” jelasnya.

Adapun kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 20 peserta ini, disambut antusias oleh warga setempat. (*)

*Reporter: Rara Astuti

Share and Enjoy !

0Shares
0 0