Mahasiswa PKK saat kunjungan industri di Toraja. (Foto: Ratu - Profesi)

PROFESI-UNM.COM– Mahasiswa Program Studi (Prodi) Tata Busana Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan kunjungan industri untuk mengetahui proses pembuatan kain. Berlangsung di Sengkang, Soppeng dan Toraja, Rabu-Jumat (1-3/5).

Salah satu mahasiswa, Reskiwati mangatakan mereka mengunjungi lebih dari sepuluh industri. Disana mereka melihat langsung proses pembuatan kain tenun dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBK) dan Alat Tenun Mesin (ATM).

“Kami mengunjungi Butil Losari silk, Kampung UMM Tomodi dan Kampung BNI di sengkang. Lalu, Tempat ulat sutra di Soppeng dan To’ Barana di Toraja,” katanya.

Ia melanjutkan, di kampung BNI terdapat banyak industri serta butik yang di kunjungi. Selain itu mereka juga mengunjungi tempat wisata di Toraja.

“Di kampung BNI ada beberapa industri dan butik yang kami kunjungi. Kami juga di ajak berwisata ke Londa, Ke’te’ Kesu’ dan terakhir ke Burake di Toraja”, lanjutnya.

Ia berharap, setelah kunjungan ini bisa menambah wawasan, serta memahami tentang tenunan dan penggulungan benang secara manual. “Semoga teknik-teknik manual tidak terlupakan,” harapnya.(*)

Reporter: Ratu Fathonah Amalia

Share and Enjoy !

0Shares
0 0