Aksi lukis poster yang dilakukan oleh empat mahasiswa dengan menggambar tikus berjas dan Smokebomb berwarna orange warnai aksi hardiknas di depan Menara Pinisi, Kamis, (2/5). (Foto: Isti - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Sejumlah massa dari sembilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar aksi dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional di depan gedung Menara Pinisi UNM, Kamis (2/5). Mereka menuntut agar Undang-Undang Perguruan Tinggi (UUPT) No.12 dicabut dan birokrasi segera mewujudkan demokratisasi kampus.

Aksi unjuk rasa kemudian kembali dilanjutkan dengan teriakan orasi oleh mahasiswa dan Presiden BEM dari fakultas, hal itu turut diwarnai dengan aksi lukis poster yang dilakukan oleh empat mahasiswa dengan menggambar tikus berjas yang membungkam mulut manusia berjas orange dengan tulisan ” Ketika anda bungkam, Anda akan tertindas”, sembilan mahasiswa yang memakai atribut spanduk dibadan mereka bertuliskan cabut UUPT, dan Smokebomb berwarna orange yang memenuhi langit aksi Mahasiswa UNM.

Salah satu mahasiswa seni, menyebut makna poster ini sedang menggambarkan realitas di kampus oemar bakri ini. Menurutnya, kebijakan yang dikeluarkan pihak birokrasi masih sering merugikan mahasiswa dan bersifat semu.

“Poster ini menggambarkan kondisi mahasiswa UNM saat ini, tikus ini gambaran pejabat UNM dan manusia berjas Orange ini adalah mahasiswa, ini menunjukkan bahwa kita sebagai mahasiswa tidak boleh diam saja atas semu kebijakan birokrasi,” Tutur salah satu mahasiswa yang melukis poster tersebut.

Selain itu, aksi mahasiswa memperingati hari Diknas ini juga diwarnai dengan bakar ban setelah tidak mendapat tanggapan dari birokrasi. (*)

*Reporter: Nurul Istiqamah