Aksi hari buruh yang berlangsung di Fly over, Rabu (1/5). (Foto: Sila - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) turut memperingati Hari Buruh dengan bergabung  dalam aksi beberapa Organ Gerakan Buruh Rakyat. Aksi ini berlangsung di Fly Over, Rabu (1/5)

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIS, Vivin Nugrika mengatakan memontum hari buruh ini kita jadikan untuk bergerak bersama. Bukan hanya sektor mahasiswa tetapi kita juga merangkul masyarakat yang sifatnya merupakan menggerakan masyarakat. Baik itu dari gerakan buruh, gerakan petani, nelayan.

“Itu ku pikir untuk mempersatukan gerakan yang hadir di masyarakat dan di jadikan hari memontum gerakan buruh ini bukan sebagai hari libur, tetapi hari sebagai ajang perlawanan bagi masyarakat. terkhusus juga kita mahasiswa sejatinya hidup kita ini tak terlepas dari peranan kaum buruh yang begitu sentral atas kehidupan kita,” katanya.

Ia menambahkan, aksi yang dikawal FIS ini merupakan salah satu pengawalan eksternal yang diluar dari kampus, diluar dari isu-isu mahasiswa kita perjuangkan. Dalam aksi ini terdapat tiga elemen yakni buruh, mahasiswa. dan masyarakat miskin kota. 

“Sebagaimana juga cita-cita gerakan di FIS salah satunya yaitu bukan hanya terfokus isu-isu dalam kampus tetapi isu-isu yang hadir dalam masyarakat yang wajib kita perjuangkan bersama. Dan elemen Mahasiswa yang terlibat bukan hanya UNM, tetapi juga Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN), Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan Universitas Kedaerahan.”

Sejatinya sebagai mahasiswa kita perlu ikut terlibat di setiap elemen masyarakat untuk hadir dan memperjuangkan yang menjadi hak-hak dasarnya kita, hak-hak dasar dari buruh, dan elemen masyarakat yang perlu  diperjuangkan. Karena pada dasarnya sebagai mahasiswa kita perlu tidak mesti lupa pada persoalan yang hadir di sekitar kita. Apalagi kondisi saat ini yang sedang tidak baik-baik saja disekitar kita. (*)

*Reporter: Nur Fazila

Share and Enjoy !

0Shares
0 0