Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar ( UNM) mengadakan Training Advokasi (Travo) di Benteng Somba Opu, Minggu (28/4). (Foto: Isti - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar ( UNM) mengadakan Training Advokasi (Travo). Kegaiatan ini berlangsung di Rumah Adat Soppeng, benteng Somba Opu, Minggu (28/4). Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Revitalisasi Pergerakan Mahasiswa di Era Milenial’. Sebelumnya kegiatan ini dibuka di Aula lt. 3 Gedung Fisika, Jumat (26/4).

Ketua panitia, Indri Aeni Asri mengatakan, travo ini merupakan kegiatan yang diadakan khusus untuk mewadahi warga fisika dalam mengembangkan hal-hal berhubungan dengan keadvokasian. Sehingga dengan adanya kegiatan akan dapat menghidupkan kembali gerakan-gerakan mahasiswa fisika dalam mengawasi kebijakan birokrasi yang dianggap timpang.

“Tujuan diadakannya travo yaitu untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa fisika dalam mengadvokasi kebijakan internal dan ekstrnal di lingkup FMIPA ini. ” katanya.

Menurut mahasiswa angkatan 2016 ini, selama ini mayoritas mahasiswa FMIPA sering dianggap cenderung apatis terhadap kebijakan birokrasi yang terkadang dianggap merugikan mahasiswa itu sendiri. Sehingga perlu adanya kegiatan ini yang akan membangun jiwa kritis mahasiswa fisika dalam melihat kondisi sekitar.

“Adanya kegiatan ini juga umtuk membangun jiwa kritis mahasiswa dalam mengawasi kebijakan yang dikeluarkan pihak birokrasi,” tambnya.

Lebih lanjut, kegiatan ini diikuti oleh 21 peserta yang kemudian diberikan materi-materi dan simulasi mengenai advokasi dalam kegiatan training tersebut, Indri berharap kegiatan di kegiatan ini dapat mengambil banyak manfaat dan mengembangkan pemahamannya sehingga setelah ini mahasiswa dapat lebih terbuka.

“Setelah kegiatan ini, akan dibentuk tim riset dari peserta, ini agar mahasiswa dapat belajar berpikir kritis melihat keadaan di fisika,” tutupnya. (*)

*Reporter : Nurul Istiqamah

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0