Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan simulasi tanggap bencana di Menara Pinisi, Jumat (Foto: Fikri - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan simulasi tanggap bencana di Menara Pinisi. Bencana yang disimulasikan ialah gempa di tiga ruangan bagian kemahasiswaan lantai 2 Menara Pinisi, Jumat (26/4).

Simulasi yang dilakukan oleh beberapa pengurus UKM se-UNM bersama kasubag Minat Penalaran dan Kabag Kemahasiswaan itu menirukan kondisi saat aktivitas berlangsung di dalam ruangan dan terjadi gempa bumi.

Mereka seakan panik dan berlindung di bawah meja. Setelah itu, mereka berlarian keluar ruangan untuk menyelamatkan diri. Setelah gempa, dua mahasiswa disimulasikan meninggal dan empat luka berat akibat tertimpa lemari, meja, dan kursi.

Mereka dievakuasi oleh UKM KSR PMI dan SAR UNM. Simulasi ini berlangsung selama dua jam. Simulasi ini dilakukan dalam rangka memperingati hari kesiapsiagaan bencana dan serentak dilaksanakan di 186 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

“Secara geografis, kita masuk daerah rawan bencana, sehingga diupayakan bagaimana ke-13 UKM ini mampu mensosialisasikan Hari Kesiap-siagaan Bencana dan nantinya kita punya persiapan tanggap bencana,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III) UNM, Arifuddin Usman. (*)

*Reporter: Fikri Rahmat Utama