Arifuddin Usman Usulkan Bangun Gugus Pusat Bencana Alam UNM

0
34
Simulasi tanggap bencana yang berlangsung di Menara Pinisi UNM, Jumat (26/4). (Foto: Fikri - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Makassar (UNM), Arifuddin Usman usulkan membangun pusat bencana alam di UNM. Hal tersebut ia sampaikan dalam sambutannya dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiaagaan Bencana, Jumat (26/4).

“Secara geografis, lokasi UNM di Indonesia berada di rawan bencana. Sebut saja beberapa bencana yang sering terjadi yakni, gempa yang diikuti tsunami, banjir, gunung meletus hingga tanah longsor,” katanya.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik, Muharram pun mendukung usulan pembangunan gugus ini. “Usulan tadi yang menginginkan adanya gugus atau Pusat Bencana Alam UNM adalah hal yang sangat baik dan perlu ditindak lanjuti,” katanya.

Ia pun menganggap UNM telah siap dan sudah terbukti dengan mahasiswa UNM yang beberapa kali menangani bencana di sulawesi. Utamanya kepada ketiga Unit Kegiatan Mahasiswa seperti, Search And Rescue (SAR), Palang Merah Indonesia (PMI) dan Mahasiswa Pencinta Lingkungan Hidup Selaras bisa menjadi pelopor gugus ini.

Ia berharap Rektor mengupayakan agar UNM dapat memiliki Pusat Kebencanaan seperti Perguruan Tinggi (PT) lainnya. “Memang hampir semua PT belum memiliki pusat/gugus, sehingga diharapkan tanggal 26 ini terbentuk namanya Pusat Kebencanaan,” harapnya. (*)

*Reporter: Rara Astuti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini