Mahasiswa LPM Penalaran UNM bersama siswa SMAN 10 Makassar dalam kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Remaja (PKTIR) - (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan perekrutan calon anggota baru. Pendaftaran telah dibuka sejak 21 Maret hingga 4 April mendatang dan berpusat di empat sektor kampus UNM, yakni Parantambung, Gunung Sari, Tidung dan Banta-bantaeng.

Perekrutan tersebut dikemas dalam bentuk Pelatihan Metodologi Penelitian dan Orientasi Manajemen Keorganisasian XXII (PMP-OMK XXII). Wahyudin, selaku ketua umum mengatakan, selain bertujuan melahirkan generasi anggota baru, perekrutan ini juga ditujukan untuk memberikan pemahaman dan kemampuan dasar mengenai metodologi penelitian serta menanamkan jiwa kepemimpinan dan kemampuan manajerial organisasi kepada mahasiswa.

“Sebagai mahasiswa yang nantinya akan melakukan penelitian sesuai tridarma perguruan tinggi, saya pikir harus ikut PMP-OMK ini, karena inilah wadah kita untuk belajar, serta menyalurkan minat dan bakat dalam bidang penelitian,” katanya.

Lanjut, Wahyudin mengatakan, ada 13 tahap perekrutan yang harus diikuti untuk menjadi anggota baru di LPM Penalaran UNM. “Secara singkat, tahap pertama yakni pendaftaran calon peserta, kemudian seleksi peserta melalui tes wawancara, Leaderless Group Discussion (LGD) dan tes tertulis, peserta yang lolos seleksilah yang akan mengikuti PMP-OMK XXII,” jelasnya. Ia juga menambahkan, tidak ada persyaratan khusus bagi mahasiswa UNM yang mau mendaftar.

Dengan adanya PMP-OMK XXII, mahasiswa jurusan Kimia ini berharap
akan lahir kader peneliti muda yang handal dan dapat berkontribusi bagi masyarakat. “Dengan lahirnya kader peneliti muda tersebut semoga karya mereka dapat berkontribusi bagi masyarakat nantinya,” harapnya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait perekrutan, bisa menghubungi narahubung di setiap sektor kampus UNM:
Parangtambung: 082346735435 (Eka)
Gunung sari: 085288882962 (Rizka)
Tidung: 082192061332 (Salma)
Banta bantaeng: 085311047919 (Irna). (*)


*Reporter: Andi Dela Irmawati