Rapat perdana Simposium Nasional Pancasila (Foto : Ist)

PROFESI-UNM.COM– Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan mengadakan Simposium Nasional Pancasila. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 29 April hingga 1 Mei mendatang. 

Suryadil Parari selaku ketua panitia mengatakan,  kegiatan tersebut merupakan Program kerja dari HMJ PKN UNM yang baru pertama kalinya diadakan. 

“Baru pertama kali diadakan, karena sebelum-sebelumnya itu kita adakan olimpiade jadi untuk menjalankan program kerja di tahun ini kita ganti olimpiade dengan kegiatan simposium nasional,” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam kegiatan tersebut nantinya akan ada beberapa agenda kegiatan yang akan dilakukan dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus yang tersebar di Indonesia. 

“Item kegiatannya itu berupa Civics Book Festival yang akan diikuti oleh seluruh sivitas akademika UNM. Sedangkan bedah buku, Simposium, dan lomba artikel ilmiah diadakan khusus untuk mahasiswa se-Indonesia” katanya.

Kegiatan yang mengusung tema “Membumikan pancasila, Menjawab tantangan Revolusi 4.0 dan Mewujudkan Cita-cita serta Tujuan Negera Republik Indonesia” ini juga akan menghadirkan beberapa Tokoh Nasional. 

“Kami akan menghadirkan Tokoh nasional seperti Yudi Latif, Sabri AR, dan Usman Hamid, serta para pengkaji pancasila lainnya,” ujarnya.

Mahasiswa Angkatan 2017 ini berharap bahwa kegiatan simposium tersebut dapat memberikan antusias kepada para masyarakat terutama para pelajar dan mahasiswa agar dapat memahami wawasan pancasila di Era Revolusi Industri 4.0 ini.

“Kami juga sangat berharap dukungan kepada pihak kampus untuk menyukseskan kegiatan kami dan dapat memberikan manfaat bagi para sivitas akademika UNM”, harapnya. 


Reporter: Arwinda Al Muntaz