Foto bersama peserta LDKM HMJ PPB FIP UNM di Tanralili, Maros, Minggu (17/3) - (Foto: Dela-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Tempa kader yang progresif dan visioner, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM). Usung konsep indoor dan outdoor, kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat yakni Aula Terpadu FIP UNM dan Kabupaten Maros.

Ketua Panitia, Andri Subadri mengatakan, LDKM tersebut terdiri dari dua item kegiatan. Kegiatan pertama dengan konsep indoor yakni Basic Training (Bastra) yang dilaksanakan pada 8 hingga 10 Maret, kemudian yang kedua dengan konsep outdoor yakni Counseling Camp pada 15 hingga 17 Maret. Kegiatan yang diikuti oleh sebanyak 83 mahasiswa baru ini bertujuan untuk membangun mental yang kuat dan jiwa kepemimpinan pada mahasiswa baru.

“Di Bastra, peserta diberi pembekalan tentang materi dasar-dasar kepemimpinan, kemudian Counseling Camp adalah evaluasi materinya,” kata mahasiswa angkatan 2016 ini.

Sebanyak delapan pokok materi yang diberikan pada Bastra, yakni otokritik pendidikan, manajemen konflik, public speaking, konstitusi, kerangka berfikir ilmiah, metode persidangan, identitas mahasiswa, serta leadership dan manajemen organisasi. Pemateri yang dihadirkan adalah para senior dari jurusan PPB sendiri yang dinilai sudah berkompeten.

“Karena masih banyak juga senior yang berkompeten dan berpengalaman di bidang itu,” katanya.

Dengan dilaksanakannya LDKM tersebut, mahasiswa asal Sidrap ini berharap agar antara mahasiswa baru dengan senior-seniornya dapat saling menghargai dan menghormati. “Semoga angkatan 2018 tetap solid, tidak ada sekat antara senior junior, tetap saling menghargai dan menghormati,” harapnya. (*)


*Reporter: Andi Dela Irmawati