Foto bersama pembina KKA, pemilik UKM, dan pemateri dalam kegiatan workshop, di Kantor Bupati, Sabtu (2/3) (Foto: Panitia Pelaksana)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Alternatif (KKA) Universitas Negeri Makassar (UNM), mengajak masyarakat Kabupaten Maros dalam mengembangkan bisnis melalui workshop dan pameran desain. Kegiatan ini berlangsung di taman PTB dan Kantor Bupati Gedung Baruga B, Sabtu hingga Minggu (2-3/2019).

Workshop dan pameran desain tersebut melibatkan sebanyak 50 Usaha Kecil Masyarakat (UKM). Yang telah mendapat binaan dan uji coba desain dan dari mahasiswa KKA UNM selama kurang lebih dua bulan.

Bilyan Putra selaku ketua panitia kegiatan, mengatakan program KKA ini lebih dikhususkan untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha dan bisnis UKM masyarakat Maros.

Suasana pameran desain kemasan yang berlangsung di taman PTB Maros

“Jadi, program kerja kami ini mengajak masyarakat untuk lebih kreatif dalam pengembangan bisnis, kami juga membantu dalam desain kemasannya karena rata-rata pemilik UKM yang ada di Maros belum memahami unsur desain kemasan, padahal hal itu sangat penting,” katanya saat ditemui.

Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) ini menambahkan, untuk melatih para pemilik UKM, mahasiswa KKA juga menghadirkan tiga pemateri dengan membahas, Digital Marketing, Product Photography, dan Social Media.

Lanjut, Ketua Prodi DKV, Abdul Asiz Said sekaligus pembina KKA mengungkapkan, untuk tahun ini ada empat jurusan yang mengikuti program KKA.

“Tahun ini ada empat jurusan, makanya saya sangat percaya dan bangga apa yang telah mahasiswa berikan kepada masyarakat, terlebih ada beberapa jurusan yang ikut, jadi semua memiliki ahli di masing-masing bidang untuk membantu masyarakat,” ungkapnya.


*Reporter: Nurul Atika