Seorang Pengunjung Sedang Menikmati Matahari Terbenam di Pantai Bira, Bulukumba (Foto : Amel - Profesi)

PROFESI-UNM.COM -Tidak dapat kita pungkiri, bahwa masa liburan semester ini adalah hal yang sangat dinanti-nantikan setiap mahasiswa bahkan ada juga yang bilang liburan semester itu ibarat surganya mahasiswa.

Bagaimana tidak, masa liburan yang kurang lebih 1 sampai 2 bulan ini merupakan waktu yang pas untuk me-refresh otak, dan melepaskan diri sejenak dari kegiatan kuliah seperti tugas, ujian, menghadapi dosen killer, jurnal dan laporan yang sangat menyita perhatian, pikiran dan tenaga.

Masa liburan memang perlu dinikmati, boleh – boleh saja, tapi bukan berarti membuat kita jadi berleha-leha dan melakukan kegiatan yang tidak terlalu bermanfaat dengan sesuka hati kita.

Tentunya rugi jika kita tidak memanfaatkan masa liburan ini dengan sebaik-baiknya, padahal banyak kegiatan positif dan produktif di luar sana yang bisa kita kerjakan.

Oleh karena itu ketika waktu liburan semester telah tiba, alangkah baiknya kalau waktu tidak dibiarkan pergi begitu saja. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat liburan kita lebih produktif:

  •  Ikut Perlombaan

Ketika sedang liburan kita memiliki banyak waktu luang yang dapat kita manfaatkan untuk mengikuti berbagai perlombaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kita. Dan dari perlombaan tersebut kita akan memiliki peluang untuk menjadi juara, mendapat kenalan baru dan bisa saja mendapat jodoh dari teman yang dulunya pernah menjadi pesain saat mengikuti suatu perlombaan.

  •  Membaca dan Menulis Buku

Membaca dan menulis merupakan dua hal yang sangat erat hubungannya. Keduanya merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, selain menambah pengetahuan dan wawasan hobi ini juga membuat otak kita semakin aktif dalam menemukan ide-ide yang cemerlang.

Biasanya, orang yang memiliki hobby ini adalah orang – orang yang kreatif dan selalu berusaha untuk menimbulkan ide – ide yang baru. Selain itu hobi ini juga bisa dijadikan sebagai sarana pelatihan, mana tahu beberapa tahun yang akan datang kita bisa menjadi penulis yang profesional.

  • Membantu Orang Tua

Bagi mahasiswa yang berasal dari pedesaan atau kampung yang jauh dari kota, tentunya pilihan yang ini menjadi pilihan yang sangat diminati.

Liburan semester merupakan waktu yang sangat tepat untuk membantu orang tua serta menghabiskan waktu bersama dengan keluarga apalagi jika orang tua kita tidak berasal dari keluarga yang berada.

Tempat perkuliahan yang jauh pastinya membuat kita jarang pulang dan berada jauh dari orang tua setiap harinya. Sudah pastilah liburan menjadi moment yang sangat berarti ketika berkumpul dengan keluarga.

  • Mengikuti program Semester Pendek (SP) di kampus

Selain untuk mengisi waktu luang, program SP ini tentu nantinya dapat membuatmu lulus lebih cepat dari seharusnya karena kamu mengambil mata kuliah lebih cepat dari teman-temanmu yang tidak mengikuti program SP. Produktif, bukan?

  •  Mengikuti program magang di sebuah perusahaan

Tidak ada salahnya kamu mengikuti program magang pada masa libur semester yang begitu panjang. Tidak hanya menambah pengalaman yang nantinya sangat berguna bagimu, dengan mengikuti program magang kamu juga dapat menambah koneksi pertemananmu agar semakin luas.

  •  Berlibur dan berpetualangan dengan teman maupun keluarga

Daripada berlumut di rumah karena bosan, lebih baik kamu menghabiskan waktumu dengan berlibur dengan teman maupun keluarga. Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat unik dengan teman maupun keluarga. Kegiatan ini juga boleh dikatakan produktif karena tidak hanya membuatmu segar kembali, liburan dapat mempererat hubunganmu dengan teman atau keluargamu.


*St. Reski Amalia