Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III) UNM, Arifuddin Usman raih gelar doktor. (Foto: Wahyudin-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III) Universitas Negeri Makassar (UNM) Arifuddin Usman meraih gelar doktor pada Program Studi Sosiologi di Program Pasca Sarjana (PPs) UNM. Sidang Promosi Doktor ini berlangsung di Ballroom Teater Lt. 3 Menara Pinisi, Jum’at (21/12). ke-411

Melalui disertasinya yang berjudul “Pengembangan Perilaku Sosial Komunitas Suporter Persatuan Sepakbola Makassar (PSM),” beliau mengungkapkan bahwa penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis komunitas suporter PSM membangun relasi sosial, baik di antara anggota komunitas maupun di luar.

“Ini merupakan tanggung jawab yang besar bagi saya apalagi suporter sepakbola dikenal karena tindakan-tindakan agresif mereka yang berdampak negatif,” katanya.

Pria kelahiran 1965 ini dalam disertasinya ia menjelaskan tentang perlunya budaya siri’ (malu) diterapkan sebagai daya dorong prestasi sepakbola. “Semoga dengan penerapan budaya siri’ dalam perilaku sosial komunitas suporter sepakbola PSM mampu menumbuhkan kearifan lokal dalam bentuk perilaku sosial,” harapnya.

Sementara itu, Rektor UNM Husain Syam mengungkapkan kebahagiaannya atas capaian doktor yang diperoleh oleh Arifuddin. “Saya sangat bahagia sebab hari ini salah satu keinginan saya sudah terwujud. Saya ingin semua orang yang terbaik yang ada di sekitar saya harus menjadi seorang doktor bahkan profesor,” tuturnya. (*)


*Reporter : Nany Khadijah