Diskusi Publik HMJ Pendidikan Sejarah FIS UNM. (Foto: Nurholis Majid)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan diskusi publik bertajuk ‘Memoar Realitas HAM dalam Penyelarasan Kemanusian’. Kegiatan ini berlangsung di Pelataran Menara Pinisi UNM, Rabu (12/12).

Ketua Umum HMJ Pendidikan Sejarah Lukman mengatakan, kegiatan ini bertujuan menilik kembali implementasi HAM di Indonesia baik itu dalam ranah kampus maupun secara umum.

“Contohnya saja di HAM kita diajarkan bagaimana berserikat, berkumpul, serta mengemukakan pendapat. Namun saat ini semuanya mulai dibatasi” kata dia.

Acara diskusi publik ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa dari berbagai jurusan di UNM. “Dibuka untuk umum jadi mahasiswa jurusan lain pun bisa ikut bergabung,” tutur mahasiswa angkatan 2016 ini.

Dirinya berharap, kegiatan ini memberikan manfaat kepada mahasiswa. Sekaligus menjadikan mereka lebih peka dengan berbagai ketimpangan sosial.

“Semoga dengan adanya diskusi ini bisa menyadarkan teman-teman dengan kondisi HAM di kampus saat ini serta membangun kepekaan sosial mahasiswa terhadap permasalahan kampus” Ucap pria asal Bantaeng ini. (*)


*Reporter: Nurholis Majid