Pesta kuliner mahasiswa Antropologi FIS UNM. (Foto: Wahyu R)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Pendidikan Antropologi angkatan tahun 2016, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Pesta Kuliner yang bertajuk ‘Anthropologi Culiner Fest’. Acara ini berlangsung di Lapangan Futsal UNM sektor Gunung Sari, Selasa (11/12).

Ketua Panitia, Muhammad Hilman Rosyidi mengatakan Sulawesi Selatan (Sulsel) merupakan daerah yang kaya dengan ragam kebudayaannya, termasuk dalam bidang kuliner. Makanan tadisional masyarakat Sulsel punya ciri khas tersendiri, namun seiring berjalan dan berkembannya zaman masyarakat mulai meninggalkannya. Problematika inilah yang kemudian pihaknya berusaha respon dengan menghadirkan kembali makanan tradisional pada acara Anthropologi Culiner Fest ini.

“Kami mengahdirkan sedikitnya sembilan makanan tradisional pada acara ini,” kata dia.

Hilman sapaaan akrabnya, melanjutkan selain menjadi wadah pelestarian budaya lokal, acara ini juga sebagai ajang pemenuhan nilai mata kuliah Fashion, Seni, dan Tata Boga. “Ini merupakan tugas Final kami,” tuturnya.

Dirinya berharap kegiatan ini bisa terlaksana pada tahun selanjutnya. Menurutnya kegiatan ini sangat efektif dalam mempromosikan budaya lokal khususnya kuliner dan juga dalam mengasah jiwa kewirausahaan mahasiswa.

“Menjajakannya dengan harga yang murah dan tampilan yang menarik. Saya pikir banyak pelajaran wirausaha yang dari event ini,” tutupnya.


*Reporter: Wahyu Riansyah