Penandatangan MoA. (Foto: Adriana Jein Padang)

PROFESI-UNM.COM – Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi menjalin kerjasama dengan Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Kerjasama dalam rangka menunjang akreditas dan memperluas kegiatan Prodi di berbagai daerah. Penandatangan Memorandum Of Agreement (MoA) menghadirkan Camat Kecamatan Tempe, Andi Muhammad Baso Iqbal di gedung FIS Lt 3, Selasa (27/11).

Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara, Muhammad Guntur, menyebutkan tujuan dilakukannya perjanjian kerjasama ini adalah untuk menjunjang akreditas Prodi Ilmu Administrasi Negara serta mempermudah pelaksanan kegiatan di desa tersebut. Kegiatan yang akan dilaksanakan yakni pelatihan tentang pembangunan desa, pembuatan website desa dan pelatihan kewirausahaan.

“Kerjasama ini dalam rangka pembinaan desa,” katanya.

Ia juga menambahkan salah satu point utama dalam akreditas yaitu suatu Prodi harus mampu memperluas kegiatan ke berbagai daerah dan mengembangkan diri di luar. Oleh sebab itu sangan di butuhkan kerjasama dengan daerah luar.

“Semakin banyak kita mengadakan suatu perjanjian kerjasama berarti kita memperluas kegiatan ke daerah. Salah satu poin dalam akreditas adalah bagaimana prodi dapat mengembangkan sayap dan dirinya ke luar,” tambahnya.

Ia mengaku ini bukan pertama kalinya Prodi Ilmu Administrasi Negara menjalin hubungan dengan pemerintah daera. Dalam waktu yang dekat ini akan berencana kembali bekerjasama dengan salah satu sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk melatih para siswa dalam berwirausaha.

“Kerjasama ini bukan yang pertama kali tetapi kami telah bekerja sama dengan berbagai daerah seperti Pinrang, Makassar, dan Bulukumba. Rencana minggu depan akan bekerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan tujuan melatih siswa untuk berwirausaha,” ungkapnya.

Perjanjian dengan daerah ini berlaku selama empat tahun(*)


*Reporter : Adriana Jein Padang / Editor: Wahyu Riansyah