Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Soppeng, Sultan Saat Membuka Acara Seminar Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus di Kantor Bupati Soppeng, Minggu (18/11) - (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pelatihan Lapangan (PPL) Terpadu Universitas Negeri Makassar (UNM) sektor Soppeng menggelar Seminar Kurikulum 2013 terkait pendidikan khusus. Kegiatan ini bertema “Merancang Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus” yang berlangsung di Kantor Bupati Soppeng, Minggu (18/11).

Ketua Panitia, Muh. Yusril Thahir mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman mendalam kepada para guru dan segenap pegiat pendidikan, terkhusus pendidikan khusus tentang Kurikulum 2013. Serta, untuk penerapan pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik sesuai tujuan kurikulum 2013.

“Kami ingin supaya guru-guru pendidikan khusus memahami lebih dalam seluk-beluk kurikulum 2013 dan mampu membentuk karakter peserta didik berdasarkan tujuan kurikulum 2013,” katanya.

Seminar ini menghadirkan pembicara yang berkompeten dibidangnya, yakni ketua Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus Indonesia (APPKhI) Sulawesi Selatan Triyanto Pristiwaluyo dan Dosen PLB FIP UNM, Syamsuddin. Acara ini diikuti 70 guru Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Kabupaten Soppeng, mahasiswa, dan pegiat pendidikan khusus, termasuk dari Dinas Pendidikan Provinsi.

“Pematerinya merupakan orang-orang yang kami nilai lebih ahli dan tentunya paham mengenai kurikulum 2013 untuk pendidikan khusus,” tuturnya.

Ia berharap, dengan adanya seminar ini mampu memberikan kemudahan kepada guru dalam menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Khusus. “Semoga kami bisa memberi manfaat nyata di masyarakat dan menjawab kebingungan mereka dalam menyusun RPP,” harapnya. (*)


*Reporter: Andi Dela Irmawati/ Editor: Ulil Afiah Az-zakiyah