PROFESI-UNM.COM– Dua dosen dari Universitas Negeri Makassar (UNM) yakni, Dr. Asia Ramli, M. Pd., dan Dr. Arifin Manggau, M.Pd.,yang melanjutkan studinya ke jenjang strata tiga (S3) di Universitas Negeri Semarang (UNNES) menjadi wisudawan terbaik pada acara wisuda periode IV Tahun 2018 di Semarang, Rabu (14/11).

Asia Ramli adalah seorang Guru SMKN Galesong Selatan dan Dosen luar biasa ISBI Sulsel embrio ISI Surakarta. Ia juga sebagai penyair dan sutradara teater. Dirinya berhasil meraih wisudawan terbaik dengan judul disertasi Pertunjukan Teater Rakyat Kondobuleng: Bentuk Representasi Identitas, Nilai dan Fungsi Sosiokultural pada Masyarakat Pesisir Bugis Makassar. Ia menyelesaikan studinya ditingkat doktoral program studi Pendidikan Seni selama 3 tahun 2 bulan, dengan IPK 4.0 dengan predikat “cum laude”

Selain merain prestasi sebagai wisudawan terbaik, sebelumnya, Ram nama sapaannya, juga pernah memperoleh penghargaan sebagai Maestro Teater oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam program siswa belajar bersama maestro (BBM) pada tahun 2017.

Sementara Arifin Manggau ialah dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNM, yang juga sebagai pencipta lagu mars Sulawesi Selatan (Sulsel) juga berhasil menjadi wisudawan terbaik dengan IPK 4,0 dan predikat “cum laude”.

Pria yang kerap dipanggil Iping ini juga menyelesaikan kuliahnya di program studi Pendidikan Seni tingkat doktoral UNNES selama 3 tahun 2 bulan. Dengan disertasinya mengenai “Jabelale”: Nyanyian Ritual Pengantar Tidur pada Masyarakat Bugis.

Keduanya menjadi wisudawan terbaik dari 253 jumlah wisudawan Pascasarjana UNNES.

Atas kerja kerasnya kedua dosen ini telah menambah deretan orang-orang sukses pada civitas akademika UNM.


*Reporter: Dasrin