PROFESI-UNM.COM – Lembaga Dakwah Fakultas Studi Club Al-Furqan (LDF SC Al-FURQAN) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan mengadakan Seminar Islam Nasional 2018 (SIN 2018). Kegiatan ini akan dilaksanakan di Ballroom lt. 2 Menara Phinisi UNM, Sabtu (24/11) dengan tema “Mungkinkah Eksistensi Islam akan Tetap Bertahan di Indonesia?”.

Seminar ini akan menghadirkan dua pemateri yaitu Tiar Bachtiar dengan materi Masa Depan Peradaban Islam di Indonesia : Harapan dan Tantangan, dan Ardian Kamal Bachtiar dengan materi Dari Masjid Menuju Peradaban Islam yang Kukuh di Indonesia. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Irjen. Pol. Drs. Umar Septono, M.H. sebagai keynote speaker.

Ketua Panitia, Shofian mengungkapkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memahami hakikat islam sesungguhnya, di mana islam pada segi kuantitas sangatlah banyak, namun jika melihat dari hakikat islam itu sendiri masih kurang penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Contohnya saja kejadian yang terjadi di bebeapa tempat, dia orang islam tapi dia melecehkan sendiri agamanya, maka dari itu kami mengadakan kegiatan ini dengan menghadirkan pemateri yang handal di bidangnya.” Ujarnya.

“Kami ingin melihat perbandingan umat islam terdahulu dengan umat islam sekarang, membandingkan apa yang menjadi tantangan bagi umat islam sekarang, lalu memberikan solusi dari setiap tantangan tersebut.” Tambahnya.

Mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis Pengkantoran ini berharap dengan dilaksanakannya kegiatan SIN 2018, pikiran masyarakat akan terbuka mengenai bagaimana hakikat dan eksistensi islam itu sendiri.

“Semoga eksistensi islam kembali berjaya di dalam negeri kita sendiri.“ Tutup Shofian. (*)


*Reporter : Saffana Mustafani