Mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM), Andika Isma saat mengikuti program National Youth Inspiration (Nays) Social Projects bersama sembilan relawan lainnya di Nggorang, Labuan Bajo, Nusa Tengara Timur (NTT) - (Foto: Ist) 
PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM), Andika Isma mengikuti program National Youth Inspiration (Nays) Social Projects. Bersama sembilan relawan lainnya, ia membawa misi pemerataan pendidikan untuk daerah Nggorang, Labuan Bajo, Nusa Tengara Timur (NTT).
Ia mengatakan, kondisi di Indonesia khususnya di bidang Pendidikan sangatlah memperihatinkan. Hadirnya program tersebut, kata Andika, merupakan salah satu cara untuk memberikan edukasi bagi anak-anak daerah terdepan. Sekaligus turut berkontribusi dalam pemerataan pendidikan.
“Belum merata, terutama bagi mereka yang berada di bagian Indonesia Timur. Ini sangat berbanding terbalik dengan yang tertera pada pasal 31 ayat 1 UUD 1945 bahwa “setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan”,” katanya.
Selama seminggu di daerah itu, Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi ini menilai, masih banyak anak-anak yang masih belum mendapatkan pendidikan yang layak. Menurutnya, masalah ini perlu diperhatikan oleh semua pihak terkhusus pemerintah.
“Saya akhirnya tahu bahwa anak-anak disana sangat membutuhkan bantuan dan mereka berhak mengenyam pendidikan yang layak seperti yang lainnya,” tutur pria asal Pinran ini.
Sebelum mengikut Nays, Andika terlebih dahulu mengikut seleksi. Mulai dari tahap penyeleksian berkas hingga tes wawancara. Hingga terpilihlah sepuluh relawan termasuk dirinya dan berangkat ke NTT. Kegiatan pun dimulai pada 5 hingga 11 November. (*)

*Reporter: Muh. Agung Eka S