Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I), Muharrram menyampaikan sambutan pada acara gravitasi 2018. (Foto: Dokumentasi Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Gebyar Civitas Fisika (Gravitasi) 2018 merupakan acara tahunan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makasar.

Di dapuk membuka acara, Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I), Muharram berpesan agar generasi muda senantiasa produktif dan kreatif dalam meyongsong revolusi industri 4.0 ini. Menurutnya di era sekarang generasi muda harus aktif mencari dan meneliti hal yang baru.

“Di era ini kita harus menghadapi ancaman yang muncul. Generasi muda harus kreatif dan produktif,” katanya di depan para peserta Gravitasi 2018.

Muharram melanjutkan, Gravitasi 2018 ini merupakan ikon bagi Jurusan Fisika dan menjadi nilai jual tersendiri. “Bagaimna definisi dari gravitasi sendiri sebagai gaya tarik bumi. Pun dengan acara ini, ia menjadi daya tarik tersendiri,” tuturnya.

Acara yang mengangkat tema “Mewujudkan generasi muda yang inovatif, kreatif, dan produktif dalam bidang sains dan pendidikan untuk menghadapi revolusi industri 4.0” ini berlangsung selama empat hari, yakni tanggal 12 hingga 15 November mendatang. Dan diikuti oleh puluhan delegasi peserta dari berbagai sekolah yang ada di Sulawesi Selatan dan Barat.

Adapun paket lombanya, yakni Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa, Essay tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA),Fisika Tepat Guna (FTG) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan SMA,Bursa Buku,dan Olimpiade Tingkat SMP dan SMA Se-SulSelBar.


*Reporter: Miranda Astari / Editor: Wahyu Riansyah