Pelaksanaan ujian SBMPTN di Kampus UNM Gunung Sari. (Foto-Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Bulan April tahun 2018 ini dianggap sebagai bulan yang paling penting bagi sebagian besar kehidupan siswa SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di awal April kemarin, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia sudah mengumumkan hasil dari SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2018 dengan hasil hanya ada 110.946 siswa dari 586.155 siswa yang telah mendaftar yang berhasil lolos, berikut 10 Program Studi yang paling banyak di minati SBMPTN 2018

1. Manajemen
Program studi manajemen adalah salah satu jurusan favorit dari rumpun ekonomi dan bisnis bagi calon-calon mahasiswa baru yang sedang hunting jurusan kuliah. Selain terbilang cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh perguruan tinggi

2. Akuntansi
Karir di bidang akuntansi menjanjikan pemasukan yang menggiurkan, juga peningkatan karir yang terjamin. Sehingga tidak heran akuntansi menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh peserta SBMPTN. Secara singkat, akuntan membuat catatan keuangan suatu perusahaan. Akuntan dapat bekerja untuk pemerintah, perusahaan, atau organisasi. Akuntan menyiapkan laporan keuangan seperti perpajakan, dan memastikan pajak dibayarkan tepat waktu.

Mereka juga dapat menyarankan cara meningkatkan keuangan dengan cara mengevaluasi anggaran. Akuntan membuat rekomendasi kepada manajer mengenai cara mengurangi biaya operasional, supaya suatu usaha dapat berjalan dengan efisien dan efektif, dan meningkatkan untung bagi suatu usaha. Beberapa akuntan juga mengivestigasi kecurangan dalam penjalanan suatu usaha atau organisasi.

3. Ilmu Hukum
Program studi Ilmu Hukum ternyata juga cukup menjadi incaran para perserta SBMPTN loh! Umumnya, Ilmu Hukum memiliki fakultas sendiri yaitu Fakultas Hukum. Di prodi ini mahasiswa mempelajari seluk-beluk teori dan praktek hukum.

Namun untuk bisa menjadi pengacara atau notaris tidak cukup dengan gelar S1. Kamu harus memiliki pengalaman magang (kerja) di kantor hukum dan ikut tes advokat serta melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 untuk bisa menjadi notaris. Sedari dulu, jurusan Hukum memang tidak pernah sepi peminatnya.

4. Ilmu Komunikasi
lmu Komunikasi adalah salah satu program studi yang juga sangat banyak peminatnya belakangan ini. Apalagi lulusan Ilmu Komunikasi luas prospek kerjanya. Salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki Fakultas Ilmu Komunikasi sebagai fakultas tersendiri adalah Universitas Padjadjaran, Bandung. Program studi ilmu komunikasi sendiri mempelajari tentang dasar komunikasi, baik komunikasi antarpribadi, public speaking, komunikasi massa, komunikasi formal, dan lain sebagainya.

5. Psikologi
Psikologi adalah salah satu program studi paling populer di Indonesia. Selain mempelajari tentang perilaku dan kepribadian manusia, lapangan pekerjaan untuk lulusan jurusan ini pun terbuka lebar, begitu pula dengan pilihan jalur karier yang beragam.

6. Pendidikan Dokter
Program studi Pendidikan Dokter, atau biasa disebut Kedokteran ini juga merupakan salah satu program studi yang setiap tahun selalu banyak peminatnya. Di jurusan ini kamu akan mempelajari ilmu medis, bagaimana memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit.

7. Teknik Sipil
Teknik sipil menjadi salah satu program studi yang punya peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi, tak heran jika program studi yang satu ini cukup banyak diminati oleh para peserta SBMPTN.

8. Teknik Informatika
Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, dunia digital, dan gadget, menyebabkan studi tentang Teknik Informatika pun semakin dibutuhkan. Program studi yang satu ini mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer.

9. Farmasi
Program studi farmasi juga turut melengkapi sederetan program studi yang paling banyak diminati oleh peserta SBMPTN. Farmasi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari cara membuat, mencampur, meracik, memformulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, serta menstandarkan obat dan pengobatan, juga sifat-sifat obat beserta pendistribusian dan penggunaannya secara aman.

10. Agribisnis
Yang terakhir ada jurusan agribisnis, jurusan yang satu ini memang tengah naik daun di Indonesia. Agribisnis sendiri merupakan program studi yang mempelajari manajemen dan bisnis dalam bidang pertanian, termasuk peternakan, perkebunan, dan perikanan.

Jadi mahasiswa program studi ini nantinya akan mempelajari ilmu pertanian, pengolahan hasil tani/ternak, serta aspek bisnisnya. Prospek agribisnis tergolong cerah, mengingat Indonesia adalah negara agraris dengan potensi alam yang sangat besar.


*Reporter: Syahru Ramadhan