Panggung Aspirasi HMJ PPKn. acara ini berlangsung di Taman FIS UNM. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Pancasila dan Kewargananegaraan (PPKn) gelar panggung aspirasi. Acara ini merupakan wujud peringatan hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober lalu.

Angkat tema ‘Yang Muda yang Berkarya’. Panggung Aspirasi ini dihelat di Taman FIS UNM, Kamis (1/11).

“Melalui panggung ini kami ingin menghadirkan kembali semangat sumpah pemuda dan kembali melanjutkan hasil perjuangan para pendahulu bangsa ini,” kata Baso Ilham A, selaku penanggung jawab kegiatan.

Baso sapaan akrbanya, menjelaskan bahwa momen peringatan hari sumpah pemuda merupakan waktu yang tepat untuk dijadikan tonggak membangun rasa nasionalisme kebangsaan bagi para mahasiswa. Acara ini memamerkan setiap karya mahasiswa baik itu dalam bentuk puisi, musik, dan tulisan, yang relevan dengan tema.

“Kami sengaja mengadakan ini di ruang terbuka seperti ini, agar yang terlibat bukan hanya mahasiswa dari jurusan PPKn tapi seluruh mahasiswa UNM pada umumnya,” kata dia.

Mahasiswa angkatan 2016 ini melanjutkan, semangat persatuan para pemuda dulu harus diikuti pemuda saat ini, yaitu mengisi kemerdekaan dengan hal positif yang berguna bagi bangsa dan negara. “Kami ingin masyarakat juga tau kalau dalam memperingati hari Sumpah Pemuda itu bukan hanya sebatas aksi unjuk rasa, tetapi banyak juga kegiatan-kegiatan kreatif, salah satunya seperti ini,” tuturnya.

Acara ini ditutup dengan pembacaan Sumpah Pemuda.


*Reporter: Wahyu Riansyah